Belum Bisa Balapan Lagi, Pol Espargaro: Semua Salah Saya Sendiri

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 21 Jun 2023, 20:20 WIB
Pol Espargaro

Pol Espargaro

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Pol Espargaro menyesal telah membahayakan dirinya sendiri saat latihan bebas kedua MotoGP Portugal hingga menderita cedera tulang punggung yang parah.

Pol Espargaro sepertinya masih harus bersabar menantikan comebacknya di MotoGP pasca kecelakaan di Portimao. Ia dipastikan bakal melewatkan MotoGP Belanda akhir pekan ini.

Sang rider belum mendapat lampu hijau dari Direktur Medis MotoGP, Angel Charte, usai menjalani pemeriksaan pada Selasa (20/6). Padahal Espargaro sangat berharap bisa mengaspal di Assen.

Polyccio telah melihat peluangnya untuk comeback sejak MotoGP Prancis. Namun ia dinilai belum siap untuk menghadapi risiko kelumpuhan jika memaksakan diri.

Patah tulang rahang, retak tulang di tangan kanan, memar pada paru-paru, luka di telinga kanan, dan patah tulang punggung merupakan beberapa dampak dari kecelakaan di FP2 MotoGP Portugal. Cedera-cedera yang cukup riskan inilah yang membuat Espargaro wajib fit 100 persen jika ingin kembali bersaing dengan para rivalnya.

Di sisi lain, rider GasGas Tech3 tersebut mengaku membuat kesalahan sesaat sebelum kejadian, dimana suhu ban belum cukup panas. Espargaro ketika itu tengah mengejar Miguel Oliveira untuk mencari slipstream sehingga suhu ban belakangnya turun.

Ia sudah tahu jika harus memanaskan sisi kanan bannya terlebih dahulu di tikungan lain yang sejenis dengan Tikungan 10 Sirkuit Algarve. Kompon ban yang dipakainya memang relatif lebih keras sehingga butuh lebih banyak usaha untuk mencapai level grip ideal.

Akan tetapi kesempatan untuk membuntuti Maverick Vinales yang datang tiba-tiba di tikungan membuat Pol Espargaro melupakan semuanya.

"Saya melihat Vinales kemudian agak mengurangi gas sehingga itu tidak cukup membuat ban belakangnya hangat di sana. Saya melewati tikungan dengan sangat pelan, tapi saya masih mengalami kecelakaan karena kompon ban belakang yang keras,” katanya, seperti dikutip dari Speedweek.

"Saya tidak menyadari betapa kerasnya kompon ban saat itu,” ia melanjutkan.

Espargaro mengakui bahwa crash yang dialaminya murni akibat keteledoran diri sendiri.

"Tida ada yang harus ditutup-tutupi. Kecelakaan itu sepenuhnya salah saya. Saya yang salah karena justru melaju pelan di titik di mana saya harus memacu motornya,” ia mengungkapkan.

"Beginilah adanya, dan ini tidak dapat diubah," tutup pria asal Spanyol itu.

Artikel Tag: Pol Espargaro, GasGas Tech3, ktm, motogp 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/belum-bisa-balapan-lagi-pol-espargaro-semua-salah-saya-sendiri
1022  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini