Williams Bakal Turunkan Jack Aitken di FP1 GP Abu Dhabi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 28 Okt 2021, 00:40 WIB
Jack Aitken

Jack Aitken

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Driver cadangan Williams dan pebalap F2, Jack Aitken, resmi diumumkan bakal turun di sesi latihan bebas pertama GP Abu Dhabi pada 10 Desember mendatang.

Seri GP Abu Dhabi akan menjadi balapan penutup Kejuaraan Formula 1 2021. Akhir pekan balap di Sirkuit Yas Marina tersebut bakal dilangsungkan pada 10-12 Desember mendatang.

Dengan begitu, Jack Aitken akan kembali ke kokpit mobil kelas utama hanya sekira empat bulan setelah mengalami kecelakaan tragis di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia.

Seperti diketahui, selain berperan sebagai driver cadangan Williams, musim ini Aitken juga turun di  ajang Formula 2 (bersama HWA Racelab), serta kelas Pro Cup GT World Challenge Europe Sprint dan Endurance Cup (Emil Frey Racing).

Awal bulan Agustus lalu, ia turun di seri ketiga Endurance Cup, Total 24 Hours of Spa, di Belgia dengan mengendarai mobil Lamborghini Huracan GT3 Evo. Disana ia mengalami kecelakaan hebat yang membuat tulang belakang serta belikatnya retak.

Selasa (26/10) pagi, lewat akun media sosial Twitter miliknya, pebalap berusia 26 tahun tersebut mengumumkan bahwa dirinya akan turun pada sesi latihan bebas bersama Williams di seri GP Abu Dhabi.

“Apakah saya menyelinap masuk untuk memeriksa apakah dia masih cocok? Mungkin saja,” tulis Aitken.

“Terdorong untuk mengatakan bahwa saya akan ambil bagian dalam FP1 di Abu Dhabi bersama @WilliamsRacing. Sekali lagi, berharap untuk menutup tahun ini dengan cara yang benar.”

Belakangan, pebalap berdarah Inggris-Korea Selatan tersebut diketahui telah dijadwalkan untuk turun di sesi latihan bebas pertama GP Abu Dhabi dengan menggeber mobil Williams FW43B pada pertengahan Desember mendatang. 

Jack Aitken kali pertama melakukan tes dengan mobil Formula 1 saat tim asal Inggris tersebut memintanya turun pada sesi latihan bebas GP Styria 2020, menjelang pertengahan Juli tahun lalu.

Sekira lima bulan kemudian, Aitken mewakili Williams untuk berlomba di GP Sakhir 2020. Saat itu, ia menggantikan posisi George Russell karena pebalap asal Inggris itu ditunjuk Mercedes untuk menggantikan Lewis Hamilton yang absen akibat terpapar virus Covid-19.

Pada balapan debutnya di kejuaraan F1 tersebut, ia start dari urutan ke-17 dan mampu finis ke-16.

Setelah tampil di GP Sakhir, Aitken juga berkesempatan untuk melakukan tes pada sesi latihan bebas GP Abu Dhabi 2020.

Performanya di F2 sendiri memang jauh dari kata memuaskan. Dari sembilan balapan yang sudah diikuti Aitken dalam empat putaran (absen pada putaran pertama (tiga balapan awal) di Bahrain), ia belum pernah merebut poin dan kini berada di peringkat ke-21 klasemen pebalap.

Artikel Tag: jack aitken, williams, F1 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/williams-bakal-turunkan-jack-aitken-di-fp1-gp-abu-dhabi
340  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini