Pengurangan Kru Tak Bakal Pengaruhi Performa Pitstop Ferrari

Penulis: Viggo Tristan
Selasa 30 Jun 2020, 00:05 WIB
Pengurangan Kru Tak Bakal Pengaruhi Performa Pitstop Ferrari

Ferrari enggan kurangi jumlah kru untuk pitstop.

Berita F1 : Kompetisi F1 musim 2020 akan mengusung tema dan peraturan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kasus pandemi Virus Corona yang merebak membuat pihak penyelenggara membatasi setiap tim dalam membawa kru.

Menurut peraturan terbaru, satu tim hanya boleh membawa maksimal 80 kru dalam satu seri balapan. Angka ini berkurang drastis karena protokol kesehatan physical distancing yang harus dilaksanakan. Pengurangan jumlah kru ditujukan supaya mereka tidak berjubel ketika sedang bekerja di garasi. Hal ini jelas akan membuat tim memutar otak mereka dalam mengatur kembali penempatan kru.

Meskipun begitu, Ferrari sebagai tim besar menegaskan bahwa mereka tidak akan mengurangi jumlah kru untuk bagian pitstop. Kinerja pitstop merupakan satu hal yang penting sehingga harus tetap diprioritaskan.

“Kami hanya punya 80 orang personel sesuai pembatasan. Jadi, kami harus banyak memotong anggota tim non-teknis. Dengan begitu, kru pitstop dan teknisi mesin tidak akan terlalu terpengaruh,” ucap Laurent Mekies selaku Direktur Olahraga dari Ferrari.

“Kami mengurangi jumlah personel sebanyak mungkin karena masih bisa bekerja secara terpisah. Kami membangun semacam kotak paralel untuk mendukung operasi di lintasan balap. Terkait pitstop, Anda akan melihat operasi yang sama seperti biasa,” tukasnya.

Kecepatan kru dalam mengatur pitstop memang bisa berdampak besar terhadap hasil balapan. Kesalahan sekecil apapun bisa merubah hasil dan segala sesuatu yang berada di lintasan.

Artikel Tag: Formula One 2020, Scuderia Ferrari, Laurent Mekies

357  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini