Pemilik F1 Dilaporkan sedang Dalam Pembicaraan Akuisisi MotoGP

Penulis: Senja Hanan
Selasa 27 Feb 2024, 13:14 WIB
Pemilik F1 Dilaporkan sedang Dalam Pembicaraan Akuisisi MotoGP

Pemilik F1 Dilaporkan sedang Dalam Pembicaraan Akuisisi MotoGP

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Liberty Media, pemilik F1, dilaporkan sedang dalam pembicaraan untuk mengakuisisi Dorna, pemegang hak MotoGP yang berbasis di Spanyol. Amazon, Netflix, dan Disney juga ikut serta, menurut publikasi bisnis Spanyol, Expansion.

Liberty Media dilaporkan sedang berbicara dengan perusahaan pengelola dana aset Inggris Bridgepoint tentang mengakuisisi Dorna. CVC dan KKR - perusahaan investasi besar - juga tertarik pada Dorna.

Dorna belum dipasarkan oleh Bridgepoint, jelas laporan itu. Pemilik F1, Liberty Media, adalah kerajaan olahraga paling berharga di dunia, menurut Forbes tahun lalu. Nilainya mencapai $18,2 miliar. Liberty Media mengambil alih F1 dari Bernie Ecclestone pada tahun 2017.

Mereka menyaksikan lonjakan popularitas F1 sejak saat itu. F1 adalah permata mahkota dalam portofolio Liberty Media tetapi mengambil alih Dorna, dan MotoGP, berarti mereka mengendalikan dua seri olahraga motor top dunia. CEO Dorna Carmelo Ezpeleta mengomentari rumor penjualan awal tahun ini.

“Saya mengonfirmasi rumor penjualan tersebut, tapi saya ingin tahu siapa yang menyebarkannya,” katanya kepada La Repubblica.

“Setiap hari saya menerima dua atau tiga panggilan telepon dari lembaga kredit yang menanyakan apakah benar kami akan dijual. Tapi bank tidak mau membeli, mereka hanya menawarkan diri sebagai perantara operasional.

" “Saya hanya bisa mengatakan bahwa kami siap: kami tetap bersama investor pertama kami dari tahun 1998 hingga 2006: 8 tahun. Kemudian datanglah Bridgepoint, yang membuat beberapa perubahan dan 17 lainnya lolos."

“Saat ini sekitar 20% saham Dorna dimiliki oleh para pekerjanya, dan saya memiliki mayoritas; 39% berasal dari Bridgepoint; 38% dari dana publik Kanada. Apapun bisa terjadi kapan saja, tapi itu belum terjadi. Mereka tentu menyukai produk dan formula yang sesuai dengan Sprints.”

Artikel Tag: F1 2024, Liberty Media, dorna

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/pemilik-f1-dilaporkan-sedang-dalam-pembicaraan-akuisisi-motogp
222  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini