Max Verstappen Unggul Telak dari Daniel Ricciardo

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 14 Jan 2019, 19:55 WIB
Max Verstappen Unggul Telak dari Daniel Ricciardo

Max Verstappen dan Helmut Marko

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Konsultan balap Red Bull, Helmut Marko, menilai Max Verstappen telah mencatat kemajuan besar sepanjang musim 2018, ia bahkan menyebut pebalap Belanda itu sudah unggul jauh di atas rekan setimnya, Daniel Ricciardo.

Persaingan antara Verstappen dan Ricciardo pada F1 2018 berjalan cukup ketat, keduanya sama-sama mengemas dua kali kemenganan. Namun dilihat secara statistik, Verstappen jauh lebih unggul dibanding Ricciardo dengan sembilan kali podium lebih banyak.

Berdasarkan hasil tersebut, Helmut Marko menyebut bahwa Verstappen telah membuktikan dirinya sebagai seorang pebalap yang lebih baik dibandingkan Ricciardo.

“Ada data yang spesifik. Dalam hal kualifikasi, keunggulan dia atas Ricciardo cukup besar. Kemudian saat balapan dia juga lebih kencang,” tutur Marko kepada Motorsport.com.

“Anehnya, di beberapa balapan Max lebih sering tergelincir di trek, tapi dia masih bisa menjaga ban tetap optimal.”

“Dia sudah berkembang. Ketika dia pertama kali bergabung dengan kami, dia belum bisa seperti itu.”

Marko juga menegaskan bahwa Ricciardo musim ini benar-benar tertinggal jauh dari Verstappen.

“Pada tahun keduanya [2017] Ricciardo sedikit tertinggal, tapi dia sadar tentang itu dan bekerja keras, jadi dia bisa menempel Verstappen lagi. Namun, pada paruh kedua musim 2018, Verstappen jelas-jelas menjauh dari dia,” imbuhnya.

Meski kalah dalam pencapaian, Red Bull tetap menyayangkan kepergian Ricciardo yang kini telah berlabuh ke Renault. Pasalnya Ricciardo merupakan salah satu pebalap binaan Red Bull sejak awal karier pebalap Australia tersebut.

Akan tetapi, Red Bull yakin Verstappen telah membuktikan dirinya adalah salah satu pebalap terbaik di ajang balap Formula 1 2018 lalu.

Marko menambahkan, kelemahan Verstappen saat ini adalah ia kurang mampu mengendalikan dirinya sendiri. Terutama setelah terlibat insiden senggolan dengan Esteban Ocon yang menggagalkan peluan menangnya di Brasil.

Kala itu Verstappen yang terbawa emosi mendorong Ocon di Pac Ferme FIA usai balapan di Sirkuit Interlagos, hingga berujung pada sanksi kerja sosial selama dua hari.

 “Dia masih kurang sabar dan belum bisa mengendalikan dirinya,” papar Marko, merujuk pada rentetan kesalahan yang dibuat Verstappen.

“Tapi yang terpenting, Verstappen sudah kencang. Jadi dia tidak perlu berusaha keras membuktikan bahwa dirinya yang terkencang,” pungkasnya.

Artikel Tag: Red Bull, Max Verstappen, Daniel Ricciardo

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/max-verstappen-unggul-telak-dari-daniel-ricciardo
1045  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini