Max Verstappen Tak Permasalahkan Kondisi Trek Basah di Latihan Bebas

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 08 Okt 2022, 13:30 WIB
Max Verstappen

Max Verstappen

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Max Verstappen mengatakan melaju di trek basah memberikan keuntungan sebab tim dan pebalap bisa mengumpulkan data yang berguna untuk menghadapi situasi serupa.

Max Verstappen tampak santai menanggapi hasil yang didapatkannya di hari pertama GP Jepang. Ketika itu ia dan seluruh pebalap terpaksa turun dengan ban intermediate pada dua sesi latihan bebaas karena hujan deras yang mengguyur Sirkuit Suzuka.

Pada FP1, Verstappen hanya mengamankan urutan keenam usai menembus waktu lap 1 menit 43,362 detik. Ia terpaut 1,114 detik dari Fernando Alonso (BWT Alpine F1) yang berhasil memuncaki sesi tersebut.

Red Bull RB18 miliknya lalu mencatatkan waktu lap lebih baik pada FP2 dengan raihan 1 menit 42,786 detik. Saat itu ia bertengger di P3 dengan tertinggal 0,851 detik dari George Russell (Mercedes-AMG Petronas F1) yang menguasai FP2.

Usai menjalani latihan bebas kedua GP Jepang, Verstappen mengatakan trek basah bukanlah sebuah bencana. Namun ia juga penasaran bagaimana mobil bereaksi saat memakai set-up untuk lintasan kering.

Karena itulah pemuda berusia 25 tahun itu berharap cuaca lebih ideal di FP3 dan kualifikasi.

“Cuaca seperti ini bukan bencana besar. Paling tidak, kami bisa mengetahui apa yang bisa dilakukan bila kondisi ini terjadi lagi. Tetapi, memang untuk tahu seperti apa kecepatan Anda di trek basah sangatlah sulit,” kata Verstappen dikutip dari Motorsport.com.

“Hanya hal-hal mendasar yang kami lakukan saat trek basah ini. Itulah mengapa saya ingin melihat seperti apa performa kami saat lintasan kering,” tambahnya.

Otoritas meteorologi setempat memprediksi cuaca di sisa akhir pekan GP Jepang bakal cerah dengan peluang hujan yang sangat kecil. Bila lintasan kering, semua pebalap mesti melakukan set ulang karena terakhir mereka menyambangi Suzuka adalah pada 2019.

“Pada dasarnya, semua akan memulai dari nol bila lintasan kering, besok,” tutur Max Verstappen.

“Sekali lagi, kondisi semua orang akan sama saat memulai sesi besok jika lintasan kering. Saya kira tidak akan banyak perubahan, Anda tahu pastinya, terkait soal posisi di grid nanti,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Max Verstappen, Red Bull, F1 2022, GP Jepang

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/max-verstappen-tak-permasalahkan-kondisi-trek-basah-di-latihan-bebas
1690  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini