Jadwal F1 2024 Diumumkan, GP Cina Kembali Digelar

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 06 Jul 2023, 23:25 WIB
GP Cina

GP Cina 2019

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Formula 1 baru saja meliris kalender balap musim depan yang berjumlah 24 seri, dimana salah satunya adalah GP Cina yang sempat absen empat musim berturut-turut.

Kalender balap F1 2024 telah resmi diumumkan oleh Formula 1. Secara keseluruhan tak ada perbedaan pada format akhir pekan.

Namun akan ada hal berbeda pada dua seri awal, GP Bahrain dan GP Arab Saudi, karena melangsungkan main racepada hari Sabtu. Ini dilakukan sebab bertepatan dengan bulan Ramadhan, bulan suci bagi umat Islam. Begitu pula dengan Las Vegas yang juga menggelar balapan utama pada hari Sabtu.

Untuk diketahui, kalender balap 2024 juga mencerminkan upaya organisasi F1 untuk mengatasi masalah logistik dan keberlanjutan, dengan beberapa perlombaan yang dikelompokkan bersama dengan cara yang lebih logis berdasarkan geografi - terutama untuk Grand Prix di daerah Timur Tengah.

Selain itu GP Cina bakal comeback di F1 2024 setelah empat tahun absen. Tahun ini Sirkuit Shanghai sempat masuk dalam kalender, namun dibatalkan karena pemerintah setempat masih was-was dengan virus Covid-19.

Balapan pembuka F1 2024 di Bahrain sendiri akan diadakan setelah tes resmi yang berlangsung selama tiga hari di tempat yang sama, tepatnya pada 21-23 Februari. Sebagai informasi tahun ini ada jeda antara seri Bahrain dan Arab Saudi, karena tim-tim di grid tak mau ada balapan ganda (triple-header) setelah melakukan tes, namun musim depan kedua seri berlangsung secara beruntun.

Hal ini tentu saja bakal menyebabkan pengurangan yang signifikan dalam perjalanan personel, dengan sebagian besar para kru tim kemungkinan akan tinggal di wilayah tersebut daripada kembali ke Eropa.

F1 juga sudah lama meminta beberapa seri yang kerap masuk kalender balap untuk berpindah dari tanggal biasanya. Salah satu contohnya adalah GP Jepang yang musim depan dilangsungkan awal bulan April setelah terbiasa berada di penghujung kejuaraan. Sirkuit Suzuka telah bertukar tempat dengan GP Azerbaijan, yang sekarang berada di depan GP Singapura dalam dua balapan pada September.

Artikel Tag: GP Cina, F1 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/jadwal-f1-2024-diumumkan-gp-cina-kembali-digelar
413  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini