GP Thailand Diyakini Akan Segera Masuk Kalender F1

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 23 Mei 2024, 19:05 WIB
GP Thailand, Srettha Thavisin, Stefano Domenicali

Perdana Menteri Thailand, Srettha Thavisin, menemui CEO F1, Stefano Domenicali, di GP Emilia Romagna 2024

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Perdana Menteri Thailand, Srettha Thavisin, telah bertemu dengan bos F1, Stefano Domenicali, untuk membicarakan rencana menggelar balapan GP Thailand.

Ajang balap mobil F1 diyakini kuat bakal melaksanakan seri baru di kawasan Asia, tepatnya di Thailand. Apalagi beberapa waktu lalu Srettha Thavisin yang merupakan perdana menteri Negeri Gajah Putih kabarnya baru saja bertemu dengan sang bos F1, Stefano Domenicali.

Thavisin sendiri telah mengadakan pertemuan dengan Domenicali pada bulan lalu di Thailand. Kemudian ia juga menjadi tamu spesial di GP Emilia-Romagna di Italia dan kembali berbicara empat mata dengan eks CEO Lamborghini tersebut.

Namun menurut laporan media bernama The Race, keduanya sama sekali belum membuat kesepakatan tentang rencana mengadakan balapan jet darat di Negeri Seribu Pagoda. Akan tetapi, Thavisin begitu yakin bisa segera mewujudkannya di Bangkok, Ibu Kota Thailand. Ia bahkan mengklaim GP Thailand akan masuk kalender balap pada musim 2027 atau 2028 mendatang.

Selain hadir di GP Emilia Romagna untuk menemui Stefano Domenicalli, Thavisin juga berjumpa dengan Prinsipal Red Bull Racing, Christian Horner dan pebalap Williams yang berkebangsaan Thailand, Alex Albon. Sebagai informasi, Albon baru saja menandatangani kontrak multi-tahun baru bersama timnya sehingga tetap berada di grid F1 sampai balapan kandangnya terwujud.

Menurut laporan lain dari The Race, Red Bull, perusahaan minuman berenergi yang tercipta dari pertemuan mendiang Dietrich Mateschitz dengan Chaleo Yoovidhya di Thailand pada awal 1980an, bisa menjadi sponsor besar dalam proyek GP Thailand ini. Apalagi Keluarga Yoovidhya punya 51 persen saham Red Bull GmbH dan merupakan pendukung penting tim balap Red Bull di F1 meski dilakukan secara diam-diam.

Die Roten Bullen sendiri pernah mengadakan salah satu demonstrasi rutin mobil F1 di jalan raya di Bangkok pada 2010 lalu. Studi kelayakan untuk pembangunan sirkuit jalanan di sana juga telah dilakukan lebih dari satu dekade lalu oleh otoritas olahraga Thailand, namun sampai sekarang tidak pernah ada kemajuan.

Kini kabarnya pendekatan yang lebih mutakhir akan dilakukan untuk melangsungkan balapan di jalanan kota Bangkok. Pembangunan lintasan pun dilaporkan bakal didanai sebagian oleh otoritas perminyakan milik pemerintah.

Artikel Tag: stefano domenicali, F1 2024, GP Thailand, Alex Albon, williams

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/gp-thailand-diyakini-akan-segera-masuk-kalender-f1
296  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini