GP Monako Berpotensi Digantikan Balapan di Nice

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 27 Jun 2022, 09:55 WIB
GP Monako

GP Monako 2022

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Formula 1 mulai menjajaki kemungkinan melangsungkan balapan di kota Nice, Prancis, sebagai pengganti GP Monako yang digelar di Sirkuit Jalan Raya Monte Carlo.

Beberapa waktu lalu, otoritas kota Nice, Prancis, mengumumkan bahwa mereka siap menggelar balapan Formula 1. Isunya, Nice akan menggantikan seri GP Monako yang kini tengah terancam nasibnya.

Kabar ini lantas menarik perhatian eks pebalap jet darat asal Prancis, Jean Alesi. Di depan sejumlah wartawan, ia menilai agak sulit bagi kota di tepi pantai Laut Mediterania tersebut untuk menjadi salah satu lokasi balapan kelas premier.

Alesi juga menanggapi tren Formula 1 saat ini yang sepertinya mulai mengincar sirkuit di dekat atau bahkan tengah kota.

“Publik sudah banyak melihat berbagai sirkuit jalan raya di dunia ini. Khususnya yang dipakai untuk Formula E, yang mampu menggelar free practice, kualifikasi, dan balapan hanya dalam sehari,” tuturnya dikutip dari Motorsport.com.

Ia lalu mengatakan akan sangat sulit bagi Formula 1 untuk mengikuti apa yang dilakukan oleh ajang balap mobil Formula E.

“Bahkan di Timur Tengah, yang memiliki sarana luar biasa sekalipun. Di atas segalanya adalah masalah mempromosikan tempat, negara, dan lain-lain,” ucap Alesi.

“Hal yang sama berlaku untuk Miami. Saya pernah ke sana. Namun, sebenarnya lomba digelar bukan di sirkuit jalan raya. Trek didesain mengitari stadion American football. Terus terang, saya sulit membayangkan balapan F1 di kota-kota di Italia atau Prancis,” ia menjelaskan.

Saat menyatakan siap menjadi tuan rumah balapan Formula 1, Pemerintah Kota Nice memang berencana untuk melangsungkannya di sirkuit jalan raya. Karena berada di tepi pantai, Nice berpotensi menggantikan GP Monako yang digelar di jalan raya Monte Carlo nan legendaris.

Pendapat Jean Alesi soal Sirkuit Paul Ricard, juga menarik. Sirkuit yang menjadi tuan rumah GP Prancis tersebut kerap dikritik publiknya sendiri karena akses masuk-keluar trek yang kerap menimbulkan kemacetan. Trek sepanjang 5,8 km itu juga sering dikecam oleh para pebalap dari sisi teknis.

Karena alasan-alasan itulah, seri GP Prancis pada 22-24 Juli mendatang diyakini Alesi akan ikut menentukan masa depan Paul Ricard sebagai tuan rumah balapan Formula 1.

“Banyak faktor yang akan menentukan diperpanjang atau tidaknya kontrak Paul Ricard. Jika balapan tahu ini sukses dari sisi penyelenggaraan, utamanya banyaknya penonton yang datang, posisi Paul Ricard kemungkinan besar akan aman,” tutupnya.

Artikel Tag: gp monako, Nice, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/gp-monako-berpotensi-digantikan-balapan-di-nice
554  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini