Giovinazzi Tolak Team Order, Alfa Romeo Gagal Petik Poin di GP Turki

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 14 Okt 2021, 23:10 WIB
Alfa Romeo, Antonio Giovinazzi

Antonio Giovinazzi

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Alfa Romeo mengungkapkan bahwa Antonio Gionvinazzi enggan untuk mengikuti perintah yang diberikan oleh tim di seri GP Turki sehingga mereka gagal merebut poin.

Duo pebalap Alfa Romeo Racing Orlen, Antonio Giovinazzi dan Kimi Raikkonen, gagal membukukan poin pada seri GP Turki pekan lalu. Namun salah satu peluang tim sepertinya terbuang percuma akibat kasus yang dialami Raikkonen.

Meski pebalap berjuluk The Iceman itu memiliki kecepatan lebih baik daripada Giovinazzi di tahap pertama perlombaan, ia kesulitan untuk mengungguli rekan setimnya.

Alfa Romeo juga sebenarnya telah memerintahkan pebalap asal Italia itu untuk memberi jalan kepada Raikkonen, tetapi ia menolak.

Pada akhirnya mereka pulang dari Istanbul Park dengan tangan kosong.  

“Kami ingin mengubah posisi, tetapi pada saat itu Antonio memilih untuk meningkatkan kecepatannya dan tetap berada di depan,” ujar Track Chief Engineer tim, Xevi Pujolar, dilansir dari Motorsport.com.

“(Jika kami melakukan team order) mungkin kami bisa beberapa putaran lebih cepat dan akan memiliki satu putaran lagi untuk mengejar (Esteban) Ocon. Jadi itu bukan keputusan terbaik untuk tim,” imbuhnya.

“Di akhir balapan, saya benar-benar tak mengerti mengapa kami tidak bisa berpindah posisi, mengingat kami dapat mengubah posisi berdasarkan kondisi saat itu. Mendapatkan poin sangat penting bagi kami dan kecepatan Kimi sangat kompetitif,” ia menjelaskan.

Pada lap pertama, Kimi Raikkonen mampu menunjukkan performa terbaiknya sepanjang musim ini. Eks pebalap Ferrari itu berhasil menyalip lebih dari satu pebalap, nanun hanya finis di P12, tepat dibelakang Antonio Giovinazzi.

Banyak yang beranggapan bahwa tim asal Swiss itu kehilangan peluang mereka untuk mendulang poin di GP Turki karena Giovinazzi tak mau melakukan team order, salah satunya jurnalis F1 yang bekerja untuk Sky Sport, Ted Kravitz.

“Alfa Romeo bisa saja mencetak angka sebab mereka mampu mendekati Esteban Ocon yang bannya aus (akibat tidak melakukan pit stop). Raikkonen lebih cepat, namun tetap di belakang Giovinazzi. Entah tim tidak bergerak atau pebalap mengabaikan team order,” kata Kravitz.

Artikel Tag: Antonio Giovinazzi, Alfa Romeo, F1 2021, GP Turki

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/giovinazzi-tolak-team-order-alfa-romeo-gagal-petik-poin-di-gp-turki
292  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini