Gabung Ferrari, Lewis Hamilton Reuni Dengan Fred Vasseur

Penulis: Ezi Yulia
Jumat 02 Feb 2024, 13:15 WIB
Lewis Hamilton dan Fred Vasseur

Lewis Hamilton dan Fred Vasseur (Foto: planetf1.com)

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Kabar bahwa Juara Dunia Formula 1 tujuh kali, Lewis Hamilton akan bergabung dengan Scuderia Ferrari, itu berarti dia akan bertemu kembali dengan tokoh kunci dari masa lalunya, Frédéric 'Fred' Vasseur.

Sebelum menjabat sebagai kepala tim di Renault, Alfa Romeo dan Scuderia Ferrari, Fred Vasseur mendirikan tim seri junior yang sangat sukses, ART Grand Prix, bersama Nicolas Todt.

ART GP menjadi langkah kesuksesan awal bagi beberapa pebalap fenomenal seperti Nico Rosberg, Sebastian Vettel, Esteban Ocon, Charles Leclerc, George Russell, dan tentu saja Lewis Hamilton.

Dalam ajang Formula 2 dan pendahulunya GP2, mereka telah meraih sejumlah gelar juara dunia dengan total tujuh pebalap.

Kemitraan Fred Vasseur dan Lewis Hamilton dimulai 19 tahun yang lalu pada 2005 ketika Hamilton menandatangani kontrak dengan ART GP di Formula 3. Mereka sukses menggondol gelar juara dunia Tim dan Pebalap dan buah dari kesuksesan mereka, Vasseur dan Hamilton tetap bersama untuk GP2 pada musim berikutnya.

Dengan gaya khas Hamilton, dia menjalani musim rookie yang luar biasa dan meraih gelar juara dunia GP2 2006 dengan total lima kemenangan, lebih banyak dari pebalap mana pun pada tahun itu.

Kiprah Hamilton di GP2 menunjukkan tanda-tanda yang menjanjikan untuk menjadi juara F1 di masa depan. Di Turki, Hamilton mencetak sejarah ketika dia melesat di awal balapan, dan melakukan comeback yang luar biasa dari P19 ke posisi kedua dengan beberapa kali aksi menyalip yang mencengangkan.

Ini merupakan salah satu dari sekian banyak aksi yang menonjol yang memastikan gelar juara dunia GP2 atas Nelson Piquet Jr.

Hal ini membawa Lewis ke awal kesuksesannya di F1 setelah satu tahun kemudian dia memulai perjalanannya dengan McLaren di mana dia mengalahkan rekan setimnya, Juara Dunia dua kali, Fernando Alonso di musim pertamanya.

Dalam sebuah podcast dengan 'Beyond The Grid' pada 2020, Vasseur menyatakan bahwa kemampuan Hamilton untuk berkontemplasi dan belajar dari kesalahannya adalah apa yang dia yakini sebagai salah satu aspek utama yang membuatnya menjadi talenta yang luar biasa dan pada akhirnya menjadi juara dunia F1 tujuh kali.

Dua dekade kemudian, keduanya akan kembali satu tim bersama, kali ini dengan tim Ferrari yang bersejarah, saat Hamilton bertekad untuk memecahkan lebih banyak lagi rekor dan meraih gelar juara dunia F1 kedelapannya.

(aw)

Artikel Tag: Lewis Hamilton, Fred Vasseur, Ferrari

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/gabung-ferrari-lewis-hamilton-reuni-dengan-fred-vasseur
209  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini