Fernando Alonso Yakin Bisa Adaptasi Lebih Cepat Jika Gabung McLaren

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 27 Jul 2021, 23:45 WIB
Fernando Alonso

Fernando Alonso

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Fernando Alonso meyakini proses adaptasinya saat kembali F1 usai absen dua musim bisa jadi berjalan lebih cepat jika ia memilih bergabung dengan McLaren.

Fernando Alonso musim ini kembali di Formula 1 setelah absen selama dua tahun. Ia memilih mengakhiri kariernya di ajang balap kelas utama di penghujung 2018 karena merasa kesempatan dirinya untuk kembali menjadi juara sudah sangatlah kecil.

Namun menjelang berakhirnya F1 2020, pebalap asal Spanyol itu meneken kontrak berdurasi setahun dengan Renault. Ia pun akhirnya comeback saat tim asal Prancis tersebut berubah nama menjadi Alpine.

Alonso sempat mengalami kesulitan untuk memacu mobil F1 pada awal musim. Tandemannya, Esteban Ocon, kerap finis di depannya dan menjadi lumbung poin bagi Alpine.

Tetapi selepas GP Monako, juara dunia dua kali itu mulai menunjukkan performa positif. Ia secara konsisten finis di zona poin, mulai dari GP Azerbaijan hingga GP Inggris.

Pun begitu, butuh waktu yang cukup lama bagi pebalap berusia 39 tahun tersebut untuk bisa menemukan kembali konsistensinya di F1.

CEO Alpine, Laurent Rossi, mengatakan bahwa waktu yang dibutuhkan Alonso untuk beradaptasi di pabrikannya masih dalam batas wajar. Menurutnya, ia juga sudah berkembang ke arah yang sudah direncanakan.

Menanggapi hal tersebut, Fernando Alonso mengakui bahwa proses adaptasinya bersama Alpine memang terbilang cukup lama. Ia merasa dirinya bakal lebih cepat membiasakan diri dengan mobil F1 apabila bergabung dengan McLaren.

"Di awal musim ini, saya memang membutuhkan beberapa seri untuk terbiasa dengan kecepatan seperti ini lagi. Saya harus bisa terbiasa tak hanya dengan mobilnya saja, tapi Renault (Alpine) secara keseluruhan," ujar Alonso diilansir dari Motorsport.com.

"Proses adaptasi saya pikir akan lebih cepat jika saya bergabung dengan McLaren, memakai gaya dan steering wheel McLaren. Bersama Renault, saya memang membutuhkan waktu yang lebih banyak," ia menambahkan.

Wajar jika Alonso memberikan pernyataan tersebut, mengingat sebelum ia meninggalkan ajang F1, tim terakhir yang diperkuatnya adalah McLaren. Oleh sebab itulah setelan tim asal Woking, Inggris tersebut adalah yang paling ia ingat saat kembali ke F1 pada akhir musim lalu.

"Awalnya saya cukup berhati-hati di beberapa balapan pertama. Saya tidak ingin membuat kesalahan besar. Tapi sekarang saya sudah lebih percaya diri," tutur Alonso.

"Saya sudah mengenal mobil dan bannya. Sekarang saya hanya perlu mengandalkan insting saya, dan hasil memuaskan akan datang pada waktunya,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Fernando Alonso, Alpine, McLaren, F1 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/fernando-alonso-yakin-bisa-adaptasi-lebih-cepat-jika-gabung-mclaren
603  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini