Fernando Alonso Tak Ikut Sprint Race GP Austria karena Problem Mobil

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 10 Jul 2022, 18:10 WIB
Fernando Alonso

Fernando Alonso

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Fernando Alonso lagi-lagi mengalami nasib sial di GP Austria. Pria asal Spanyol itu terpaksa absen dari sprint race karena problem pada mobil Alpine A522.

Harapan Fernando Alonso untuk meraih kembali posisi yang hilang di sesi kualifikasi karena lantai mobil Alpine A522 harus pupus. Itu terjadi sebelum balapan Sprint Race GP Austria dimulai.

Dengan posisi start dari P8, pebalap tertua di grid itu memiliki kans untuk meraih beberapa poin tambahan. Tetapi saat formation lap sprint race dimulai, jet darat A522 Alonso masih di dongkrak dengan selimut termal ban terpasang dan mesin dala keadaan mati.     

Meskipun awalnya tampak seperti kesalahan yang sepele, kenyataannya jauh lebih rumit. Power unit mobil tiba-tiba mati selang beberapa menit sebelum balapan, yang memaksa Alonso harus mundur.   

Berbicara kepada media setelah Sprint Race di Sirkuit Red Bull Ring, Alonso menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Jelas pria asal Spanyol itu frustrasi dengan bagaimana paruh pertama musim 2022 berjalan.

“Sekitar lima menit sebelum start (Sprint), kami mengalami gangguan power di mobil dan kami tak dapat menyalakannya lagi. Kami mencoba menghidupkannya dengan baterai eksternal, tetapi itu juga tidak bekerja,” ujarnya dilansir dari Motorsport.com.

“Jadi, sesuatu yang serius telah terjadi di sana (di mesin) dan kami tentu harus memeriksa masalahnya sehingga bisa memperbaikinya untuk besok (balapan Minggu),” ia mengimbuhkan.

Menganalisis apakah Alpine menderita karena terlalu sering ditimpa problem reliabilitas sepanjang F1 2022, Fernando Alonso mengatakan itu adalah sebuah anomali.

“Ada masalah lain pada mobil saya, tetapi saya tidak tahu. Reliabilitas saya pikir bagus, atau setidaknya mobil Esteban Ocon (rekan setim Alonso) selalu berjalan dengan baik,” ungkap driver Alpine tersebut.

Ia pun menyesalkan kegagalannya mengikuti Sprint Race GP Austria. Ini bukan kali pertama Alonso bernasib sial karena balapannya berakhir akibat isu teknis. Hal tersebut sekaligus membuatnya frustrasi karena tengah berada dalam bentuk terbaik sejak kembali ke Formula 1 pada 2021.

“Tahun ini saya merasa mungkin tengan dalam level mengemudi terbaik saya, juga berkat pengalaman, mungkin saya ada di level 2012 dan saya hanya punya sekitar 20 poin, itu sulit dipercaya,” katanya.

“Maksud saya, mungkin kami kehilangan 70 poin, saya memperkirakan sekitar 60 angka apabila kita juga hitung seluruh retire karena nasib buruk atau reliabilitas. Jadi, ini adalah musim yang sangat aneh,” ia menambahkan.

“Saya sangat bangga dengan pekerjaan saya sejauh ini, tetapi tidak mendapatkan poin gara-gara semua yang terjadi benar-benar membuat frustrasi. Saya akan lebih kecewa jika itu akibat kesalahan saya,” tutup Alonso.

Artikel Tag: Fernando Alonso, Alpine, F1 2022, GP Austria

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/fernando-alonso-tak-ikut-sprint-race-gp-austria-karena-problem-mobil
702  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini