Eks Pebalap F1 Ini Sebut Pengajuan Banding Aston Martin Sia-Sia

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 05 Agu 2021, 00:15 WIB
Aston Martin, Sebastian Vettel

Sebastian Vettel

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Eks pebalap F1, Ralf Schumacher menyebut permintaan banding yang dilakukan oleh Aston Martin kepada FIA atas diskualifikasi Vettel adalah usaha sia-sia.

Akibat masalah pada bahan bakar mobilnya, Sebastian Vettel terpaksa didiskualifikasi dari balapan GP Hungaria. Padahal disana ia berhasil mempersembahkan podium kedua untuk Aston Martin.

Dalam pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh FIA, bahan bakar yang bisa diambil dari mobil AMR21 milik Vettel hanya sebanyak 0,3 liter, dari yang seharusnya 1,0 liter sesuai regulasi yang berlaku. Hal tersebut langsung membuat Steward menjatuhkan hukuman diskualifikasi sehingga pebalap Jerman itu dicoret dari podium.

Namun, Aston Martin meyakini bahwa bahan bakar di mobil Sebastian Vettel masih tersisa sekitar 1,74 liter, yang mana 1,44 liternya tidak dapat diambil oleh perwakilan FIA.

Tim asal Inggris itu kemudian mengungkapkan bahwa masalah pada pompa bahan bakar membuat pebalap berusia 34 tahun itu harus berhenti sebelum memasuki parc ferme.

Mereka pun berniat untuk mengajukan banding setelah FIA selesai melakukan pemeriksaaan lebih lanjut. Eks pebalap F1, Ralf Schumacher, ikut menyoroti permasalahan tersebut dan memberikan komentar.

Ia menegaskan bahwa sudah ada regulasi yang jelas mengenai pemeriksaan bahan bakar mobil. Oleh sebab itulah pengajuan banding yang dilakukan Aston Martin akan sia-sia.

"Saya tidak mengerti mengapa mereka masih berniat untuk mengajukan banding terhadap diskualifikasi Vettel. Peraturannya jelas, harus ada setidaknya satu liter bahan bakar di tangki. Ya kalau tidak ada satu liter, Anda didiskualifikasi," ujarnya dikutip dari Motorsport.com.

"Jelas-jelas tim telah melakukan kesalahan, dan mereka seharusnya sadar akan hal itu. Kehilangan hampir dua liter itu sebenarnya bisa dihindarkan,” ia mengimbuhkan.

"Hukuman ini saya kira sebanding dengan apa yang terjadi di lintasan. Karena berat mobil lebih ringan, mereka bisa melaju lebih cepat di setiap lap. Mudah bagi orang-orang untuk menghitung (bahan bakar) yang tersisa sepanjang balapan,” lanjut Schumacher.

Artikel Tag: Ralf Schumacher, F1 2021, GP Hungaria, aston martin, Sebastian Vettel

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/eks-pebalap-f1-ini-sebut-pengajuan-banding-aston-martin-sia-sia
702  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini