Eks Bos F1 Ini Nilai Lewis Hamilton Pantas Mendapatkan Hukuman Berat

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 21 Jul 2021, 09:10 WIB
Lewis Hamilton

Lewis Hamilton

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Eks promotor F1, Bernie Ecclestone menilai Lewis Hamilton sebagai pihak yang bersalah usai menyenggol Verstappen di GP Inggris dan pantas dipenalti hingga 30 detik.

Pada GP Inggris akhir pekan lalu, Lewis Hamilton dan Max Verstappen saling bersaing untuk memperebutkan posisi pertama sejak awal balapan. Keduanya lalu bersenggolan di lap pertama dengan kecepatan tinggi hingga Verstappen keluar dari lintasan.

Pebalap asal Belanda itu mengantam dinding pembatas lintasan dengan cukup keras. Hamilton pun mendapatkan hukuman penalti sebanyak 10 detik dan tetap bisa melanjutkan balapan, bahkan keluar sebagai pemenang.

Eks Bos F1, Bernie Ecclestone mengaku memiliki pandangan tersendiri soal insiden yang melibatkan Max Verstappen dan Lewis Hamilton. Di mata pria asal Inggris tersebut, senggolan seperti itu murni kecelakaan. Namun, Ecclestone menyoroti keputusan steward yang hanya menjatuhkan penalti sebanyak 10 detik kepada Hamilton. 

“Di masa lalu, hal seperti itu lumrah dalam balapan. Senggolan seperti itu termasuk racing incident. Sudah jelas bahwa siapa pun dalam aksi itu sedang mencoba merebut hasil terbaik untuk posisi di klasemen kejuaraan dunia,” tutur Ecclestone dilansir dari Motorsport.com.

“Kendati begitu, jika steward ingin mengintervensi, Hamilton seharusnya diberi hukuman lebih dari 10 detik. Untuk insiden seperti itu seharusnya ia mendapatkan penalti 30 detik,” imbuhnya.

Menurutnya, Hamilton jelas-jelas menjadi pihak yang bersalah. Salah satu penyebab kecelakaan tersebut yakni posisi juara dunia tujuh kali itu tidak berada di depan saat insiden terjadi.

“Ia hampir setengah mobil tertinggal di belakang. Itulah sebabnya ia menghantam Verstappen di bagian belakang, bukan di depan. Penalti 10 detik tidaklah cukup. Hukuman seperti itu tidak cukup untuk kesalahan seperti itu,” kata Ecclestone.

“Jika Anda harus menjatuhkan penalti, kendati kadang Anda tahu bila itu tidak diperlukan, ini sebetulnya bukan hukuman yang tepat. Itu karena hukuman ini tidak cukup, terlalu ringan,” ia melanjutkan.

Akibat gagal merebut poin di GP Inggris, kini Verstappen hanya unggul delapan poin atas Hamilton yang menduduki peringkat kedua klasemen sementara pebalap.

Di klasemen konstruktor, Red Bull Racing memang masih memimpin, tetapi jarak mereka dengan Mercedes saat ini hanya menyisakan empat poin.

Artikel Tag: Lewis Hamilton, F1 2021, GP Inggris

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/eks-bos-f1-ini-nilai-lewis-hamilton-pantas-mendapatkan-hukuman-berat
1216  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini