Data dan Fakta Berbagai Rekor Baru Max Verstappen Usai Balapan GP Abu Dhabi

Penulis: Ezi Yulia
Senin 27 Nov 2023, 16:30 WIB
Max Verstappen

Max Verstappen (Foto: formula1.com)

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Pebalap Red Bull, Max Verstappen, ternyata tetap tancap gas pada balapan akhir musim di GP Abu Dhabi, berbagai rekor pun dia lampaui.

Max Verstappen mendominasi jalannya balapan untuk mengakhiri musim balapan yang penuh dengan berbagai pemecahan rekor.

Berikut data dan fakta yang dihimpun oleh dari situs resmi Formula 1.

  • Kemenangan Verstappen menjadi kemenangan keempat berturut-turut di GP Abu Dhabi, sebelumnya dia belum pernah memenangkan empat balapan berturut-turut di sirkuit yang sama.
  • Kemenangan ke-54 Verstappen dalam kariernya tersebut berarti dia melampaui Sebastian Vettel di posisi ketiga dalam daftar kemenangan sepanjang masa, di bawah Michael Schumacher (91) dan Lewis Hamilton (103) kemenangan.
  • Verstappen mengakhiri tahun ini dengan rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim (19), kemenangan beruntun terbanyak (10), naik podium terbanyak (21), total poin tertinggi (575), dan selisih poin terbesar dalam kejuaraan (290).
  • Hat-trick ke-11 Verstappen di akhir pekan (kemenangan, pole position, dan lap tercepat) menyamai rekor Jim Clark, hanya kalah dari Hamilton (19) dan Schumacher (22) dalam kategori rekor tersebut.
  • Verstappen resmi menjadi pebalap pertama dalam sejarah yang memimpin lebih dari 1.000 lap dalam satu musim.
  • Verstappen memimpin 1.003 lap musim ini, sama persis dengan total lap yang dipimpin oleh McLaren pada musim 1988 bersama Alain Prost dan Ayrton Senna. 
  • Verstappen adalah satu-satunya pebalap yang menyelesaikan setiap lap balapan di musim 2023.
  • Red Bull (113 kemenangan) akan memulai musim 2024 dengan hanya tertinggal satu kemenangan dari Williams (114) untuk menempati posisi keempat dalam daftar kemenangan terbanyak sepanjang masa.
  • Ini menjadi kali pertama balapan akhir musim yang berakhir tanpa satu pun pebalap yang mengundurkan diri.
  • Tinggal 97 hari lagi hingga Grand Prix Bahrain 2024.

Verstappen mengakhiri balapan musim ini dengan mengumpulkan 575 poin dan juga membawa Red Bull menjadi juara dunia konstruktor.

(aw)

Artikel Tag: Max Verstappen, Red Bull

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/data-dan-fakta-berbagai-rekor-baru-max-verstappen-usai-balapan-gp-abu-dhabi
230  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini