Daniel Ricciardo Coba Gaya Balap Baru di Simulator untuk Hadapi GP Portugal

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 02 Mei 2021, 03:30 WIB
Daniel Ricciardo

Daniel Ricciardo

Berita F1: Daniel Ricciardo, pebalap McLaren, telah mempersiapkan diri untuk menghadapi GP Portugal dengan berlatih memakai gaya balap berbeda di simulator balap milik McLaren.

Daniel Ricciardo belum mampu memberikan penampilan terbaiknya bersama McLaren setelah mengikuti dua balapan pertama F1 musim 2021, GP Bahrain dan GP Emilia Romagna. Di Imola, pria asal Australia itu kesulitan untuk mengungguli kecepatan rekan setimnya, Lando Norris, yang sukses naik podium.

Setelah menganalisa secara rinci untuk menemukan kelemahannya, Ricciardo menghabiskan banyak waktu untuk berlatih di simulator McLaren. Pria 30 tahun itu ingin mengasah gaya balapnya agar lebih sesuai dengan mobil yang dikemudikannya, MCL35M.

Mengendarai mobil yang menggunakan power unit Mercedes juga menjadi tantangan tersendiri bagi Daniel Ricciardo. Pasalnya, sepanjang kariernya di Formula 1, ia hanya berpengalaman menjadi pengguna mobil dengan mesin Renault.

“Mobil ini memiliki kecenderungan untuk menggunakan teknik berbeda, sedikit gaya balap yang berbeda. Mulai dari berbelok, hingga cara Anda menggunakan rem dan kembali menekan gas. Ini sedikit unik. Jadi, saya sudah mencoba melakukan cara berkendara berbeda di simulator dan mencoba mempraktikkannya di sini,” jelas Ricciardo seperti yang dikutip dari laman Motorsport.com.

“Saya merasa ada titik terang. Saya pikir secara alami, kami juga semakin percaya diri dengan cara mobil berbelok dan bermanuver,” tambahnya.

Daniel Ricciardo mengungkapkan bahwa mengubah gaya balap adalah solusi jangka panjang yang bagus untuk menghasilkan performa terbaik. McLaren pun terus bekerja keras untuk memberikan mobil terbaik dan lebih sesuai dengan gaya balap alaminya.

“Saya pikir itu karakter alami mobil, jadi saya harus menerima apa yang ada saat ini. Di beberapa tikungan saya tidak bisa tampil cepat menggunakan gaya balap alami saya. Sepertinya sebagian besar tikungan, cara terbaik untuk mengendarainya adalah dengan gaya yang berbeda,” kata Ricciardo.

“Saya mencoba memberi tahu orang-orang di mana kelemahannya dan bagaimana saya ingin mengemudikan mobil. Jadi, kami sedang mencoba menghadirkan beberapa pembaruan untuk mengatasinya. Namun hingga saat itu, saya hanya akan belajar cara mengendarainya dengan gaya yang berbeda,” ungkapnya.

Terbatasnya tes pramusim musim ini juga menjadi penyebab utama Ricciardo belum mampu beradaptasi dengan mobil MCL35M. Pebalap McLaren tersebut menegaskan bahwa meski dirinya memiliki segudang pengalaman di F1, terkadang dirinya harus bersikap layaknya seorang rookie yang baru memulai debutnya di F1 sebagai upaya meningkatkan kecepatan di mobil McLaren.

“Ini sulit diterima karena saya seorang veteran sekarang di olahraga ini dan aneh rasanya mengapa saya membutuhkan waktu untuk belajar? Saya sangat berpengalaman saat datang ke tim ini,” tutur Ricciardo.

“Semua orang memperlakukan saya seperti rookie, tapi untuk saat ini itu memang benar karena saya seorang pendatang baru dengan mobil dan tim ini. Saya bukan sepenuhnya rookie, tapi setelah Imola, saya kesal karena tidak melakukannya lebih baik atau tidak bisa mengeluarkan potensi saya sepenuhnya,” tutupnya.

Artikel Tag: Daniel Ricciardo, McLaren, F1 2021, GP Portugal

365  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini