Bukan Puing, Ini Penyebab Permasalahan Ban di Silverstone

Penulis: Akmal Saputra
Rabu 05 Agu 2020, 06:30 WIB
Bukan Puing, Ini Penyebab Permasalahan Ban di Silverstone

Ban dari mobil Hamilton seusai balapan di Silverstone/Image: Crash/

Berita Formula 1: Produsen ban resmi Formula 1, Pirelli menyatakan bahwa penyebab utama dari permasalahan ban yang didapatkan setidaknya oleh tiga pembalap adalah waktu pakai kepada ban yang sangat lama.

Tidak hanya itu, kecepatan yang dimiliki oleh mobil F1 tahun ini juga ikut mempengaruhi. Pada seri di Sikuit Silverstone, pembalap Mercedes Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, serta pembalap McLaren Carlos Sainz, semuanya mengalami tusukan untuk ban depan kiri di Grand Prix Inggris di Silverstone, Minggu.

Valtteri Bottas adalah yang pertama mengalami kerusakan ban, tepatnya pada lap 50, sebelum terjadi kegagalan Sainz dan Hamilton. Sementara Bottas dan Sainz dipaksa untuk mengalah dan keluar dari perolehan poin, sedangkan Hamilton sangat berhasil tertatih-tatih pulang dengan hanya tiga ban penuh di putaran akhir perlombaan. 

Sebelumnya, pihak Pirelli mensinyalir salah satu penyebab permasalahan bannya karena puing-puing yang berasal dari mobil berada di lintasan. Tapi, saat ini permasalahan sebenarnya telah didapati.

Dilansir dari Crash, Pirelli telah mengungkapkan alasan utama dari permasalahan ban itu adalah serangkaian kondisi balapan tiap individu yang menyebabkan pemakaian yang sangat lama dari ban set kedua.

"Hampir setiap tim memajukan rencana mereka untuk pitstop ketika safety car dikeluarkan untuk kedua kalinya, hal itu berarti mereka melakukan sekitar 40 putaran atau lebih dari tiga perempat jarak lomba yang sebanyak 52 lap dengan satu set ban saja," kata dia.

"Dikombinasikan dengan peningkatan kecepatan mobil Formula 1 2020 (posisi pole 1,2 detik lebih cepat dibandingkan 2019), ini membuat putaran terakhir Grand Prix Inggris sangat sulit, sebagai konsekuensi dari tekanan terbesar yang pernah dikenakan ke ban oleh mobil Formula 1 tercepat sepanjang sejarah," sebutnya.

Pada akhir pekan ini, Silverstone juga akan menggelar balapan kembali dengan bertajuk Grand Prix 70th Anniversary, menandai 70 tahun sejak balapan F1 pertama digelar di sirkuit bekas lapangan udara itu pada 1950.

Artikel Tag: Formula 1 2020, F1 GP Inggris 2020, Pirelli Tyres, pirelly

1432  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini