Minimalisir Kerusakan Ban, Silverstone Pasang Trotoar Baru

Penulis: Akmal Saputra
Kamis 06 Agu 2020, 00:00 WIB
Minimalisir Kerusakan Ban, Silverstone Pasang Trotoar Baru

Mobil Mercedes milik Bottas di akhir Seri Silverstone pekan lalu/ Image: Motorsport

Berita Formula 1: Guna meminimalisir kerusakan ban yang terjadi di seri sebelumnya, pihak Silverstone dikabarkan telah memasang trotoar baru, tepatnya di salah satu sudut atau tikungan, yakni Becketts.Seri kedua berturut-turut di Silverstone tahun ini menjadi seri khusus, karena bertepatan dengan perataan 70 tahun Formula 1.

Pada seri sebelumnya di Silverstonr, pembalap Mercedes Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, serta pembalap McLaren Carlos Sainz, semuanya mengalami tusukan untuk ban depan kiri di Grand Prix Inggris di Silverstone, Minggu lalu.

Valtteri Bottas adalah yang pertama mengalami kerusakan ban, tepatnya pada lap 50, sebelum terjadi kegagalan Sainz dan Hamilton. Sementara Bottas dan Sainz dipaksa untuk mengalah dan keluar dari perolehan poin, sedangkan Hamilton sangat berhasil tertatih-tatih pulang dengan hanya tiga ban penuh di putaran akhir perlombaan 

Setelah balapan, Federasi Otomotif Internasional (FIA) telah meminta pemasangan trotoar baru di pintu keluar Becketts menjelang acara kedua akhir pekan ini di Silverstone.

"Untuk membantu pengemudi mematuhi batasan lintasan akhir pekan ini, atas permintaan FIA, bagian trotoar dengan lancip 23 meter telah dipasang di pintu keluar tikungan 13 jelang Grand Prix Ulang Tahun ke-70 akhir pekan ini," kata juru bicara Silverstone dikutip dari Motorsport.

Sejumlah pengemudi sebenarnya telah melaporkan pemotongan ban mereka setelah latihan hari Jumat lalu, yang ditanggapi Bos Pirelli F1 Mario Isola dengan menyebutkan bahwa kejadian tersebut mungkin disebabkan oleh puing-puing yang tertangkap di trotoar Chapel.

"Mungkin beberapa pemotongan yang kami temukan pada hari Jumat disebabkan oleh fakta bahwa beberapa puing terjebak di pinggir jalan, menyebabkan beberapa pemotongan ban," kata Isola.

"Mereka sedang mengatasinya dan itu adalah tindakan yang baik, itu ide yang baik untuk memiliki modifikasi kecil yang membantu situasi ini," sebutnya.

Namun, kemarin pihak Pirelli telah menyatakan bahwa penyebab utama dari permasalahan ban yang didapatkan setidaknya oleh tiga pembalap adalah waktu pakai kepada ban yang sangat lama. Tidak hanya itu, kecepatan yang dimiliki oleh mobil F1 tahun ini juga ikut mempengaruhi.

Artikel Tag: Formula 1, f1 2020, Pirelli Tyres, Pirelli, Silverstone

1178  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini