Abaikan Bendera Kuning, FIA Panggil Delapan Pebalap Usai GP Austria

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 06 Jul 2021, 11:55 WIB
GP Austria

GP Austria 2021

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Steward FIA memutuskan untuk memanggil delapan pebalap agar bisa dimintai keterangan usai dinilai sengaja mengabaikan bendera kuning saat balapan GP Austria.

Pada lap terakhir GP Austria, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel terlibat senggolan saat keluar dari Tikungan 4 Sirkuit Red Bull Ring. Mobil C41 milik Raikkonen keluar sisi kiri sedangkan AMR21 geberan Vettel berada di sebelah kanan. Keduanya bertabrakan sehingga memunculkan bendera kuning.

Kondisi tersebut mengharuskan para pebalap untuk mengurangi kecepatannya agar terhindar dari kemungkinan terjadinya kecelakaan baru. Akan tetapi, delapan pebalap dinilai sengaja mengabaikan bendera kuning yang dikibarkan.

Karenanya, steward langsung meminta keterangan dari Carlos Sainz, Charles Leclerc, Sergio Perez, Daniel Ricciardo, Pierre Gasly, Antonio Giovinazzi, Nicholas Latifi, dan Nikita Mazepin.

Jika para steward menilai mereka tak cukup lambat atau sengaja mengabaikan bendera kuning, maka para pebalap tersebut bisa dipenalti. Lima dari delapan pebalap itu sendiri finis di 10 besar, masalah tersebut bisa berdampak serius pada hasil mereka di GP Austria.

Selain kedelapan pebalap tersebut, para steward juga memanggil George Russell. Pebalap asal Inggris itu dimintai keterangan terkait aksi defensifnya saat menahan serangan dari Fernando Alonso.

Russell diketahui sedikit keluar lintasan saat melakukan pengereman yang sebenarnya melanggar aturan. Kimi Raikkonen pun akan dimintai keterangan terkait kesalahan yang sama.

Dengan sejumlah pelanggaran ini, alhasil dari 19 pebalap yang berhasil mencapai garis finis di GP Austria, 10 di antaranya masih dalam penyelidikan para steward.

Artikel Tag: GP Austria, F1 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/abaikan-bendera-kuning-fia-panggil-delapan-pebalap-usai-gp-austria
313  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini