UniPin Ladies Series Masuk No.2 Turnamen Esports Ladies Terpopuler 2021

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Jumat 10 Sep 2021, 15:30 WIB
UniPin Ladies Series Masuk Turnamen Esports Ladies Terpopuler 2021

UniPin Ladies Series 2021 via Upstation Asia

Ligaolahraga.com -

Berita Esports: Walau belum memiliki popularitas yang sama dengan turnamen esports pria, turnamen esports ladies kian digemari di dunia. Bahkan, jumlah penonton turnamen wanita meningkat pada tahun 2021.

Situs escharts.com mengungkapkan, dalam kurun waktu Januari hingga Juni 2021, tersaji banyak turnamen esports ladies di dunia yang mempertandingkan berbagai jenis game.

Dari sekian turnamen yang digelar pada kurun waktu tersebut, dalam hal jumlah penonton terbanyak berdasarkan hours watched (HW), UniPin Ladies Series menempati posisi kedua dengan total 818.000 HW ditambah dengan peak viewers di angka 53.000 penonton.

UniPin Ladies Series juga merupakan turnamen wanita dengan waktu penyiaran terlama yakni 118 jam. Ini adalah prestasi bagi UniPin Ladies Series, di mana meski baru hadir tahun 2021 tapi langsung mendapat sorotan dari banyak penggemar esports di Indonesia.

Sementara itu, peringkat pertama hours watched terbanyak masih jadi milik Woman Star League (WSL) dengan 2,1 juta HW. Peak viewers turnamen yang sudah hadir sejak tahun 2020 ini juga menembus 129.000 penonton.

 

Kemudian untuk game PC, VCT 2021 Game Changers North America Series menjadi turnamen wanita terpopuler sedunia. Hal ini tidak terlepas dari faktor sedang digemarinya Valorant di kalangan gamer PC, termasuk di Indonesia.

Sejatinya, turnamen esports ladies sudah mempertandingkan berbagai jenis disiplin game, akan tetapi game mobile masih lebih dominan dari pada game PC.

Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) misalnya, menyumbang nyaris setengah dari HW esports ladies dalam kurun waktu 2020 - Juni 2021. Sekadar mengingatkan, turnamen MLBB hanya digelar di Asia Tenggara.

 

Jumlah HW MLBB unggul jauh dibandingkan game PC, seperti Valorant yang menghuni peringkat kedua cuma menyumbang 18% dari total HW.

Berdasarkan analisis dikutip dari Upstation Asia, penyebab fenomena ini adalah ketersediaan perangkat bermain game di kalangan wanita. Perangkat mobile macam smartphone jelas lebih mudah didapatkan dibandingkan satu set PC yang mahal.

Permainan yang lebih ringkas dan fleksibel pun merupakan alasan lain game mobile lebih populer, di mana waktu pertandingannya rata-rata 15 menit, sedangkan game PC biasanya berlangsung sampai 40 menit.

Artikel Tag: UniPin Ladies Series MLBB, Woman Star League, Esports Ladies

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/esports/unipin-ladies-series-masuk-no2-turnamen-esports-ladies-terpopuler-2021
1014  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini