Timnas Indonesia Harus Bekerja Lebih Keras untuk Hadapi Filipina

Penulis: Dayat Huri
Jumat 07 Jun 2024, 18:30 WIB
Gelandang timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di laga kontra Irak

Gelandang timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di laga kontra Irak/foto dok PSSI

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Dunia: Kekalahan dari Irak pada pertandingan lanjutan putaran kedua zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2026 membuat timnas Indonesia harus bekerja lebih keras untuk menghadapi Filipina di pertandingan terakhir Grup F. Laga itu akan jadi penentuan nasib skuat Garuda untuk dapat lolos ke putaran ketiga.

Pada pertandingan kontra Irak, timnas Indonesia sebenarnya bermain cukup baik di babak pertama sehingga hingga turun minum skor masih, 0-0. Setidaknya ada dua peluang tim Merah Putih di babak pertama yang diciptakan Rafael Struick dan Sandy Walsh,

Namun, di babak kedua, sebuah umpan lambung dari serangan Irak menyentuh tangan Justin Hubner, sehingga wasit Shaun Evans memberi penalti, yang sukses dikonversi Aymen Hussein pada menit ke-54'. Indonesia bermain dengan 10 orang usai Jordi Amat terkena kartu merah di menit ke-62'.

Tim tamu menambah gol usai Ernando Ari melakukan blunder dengan menguasai bola terlalu lama. Ali Jasim merebut bola dan menceploskan si kulit bundar ke gawang kosong. Irak unggul 2-0 di menit ke-87'.

Kekalahan itu membuat langkah skuat Garuda untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 harus tertunda. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan masih duduk di peringkat kedua klasemen sementara Grup F dengan koleksi 7 angka, hanya unggul satu poin atas Vietnam yang terus menempal di peringkat ketiga. Untuk dapat lolos ke putaran ketiga, kemenangan wajib diraih pada pertandingan terakhir kontra Filipina, laga itu akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6) malam WIB.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun menegaskan bahwa para pemainnya siap bekerja lebih keras untuk dapat mencapai target yang sudah ditetapkan itu.

"Kami akan mempersiapkan tim lebih baik pastinya, kami tidak bisa mundur. Kami harus bekerja keras lebih lawan Filipina," tutur Shin Tae-yong seperti dilansir dari laman resmi pssi.

Meski menghadapi tim yang kini tengah terpuruk di dasar klasemen dan belum sekalipun meraih kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin Tae-yong menilai bahwa Filipina adalah tim yang sulit dikalahkan. Hal itu terbukti pada pertemuan pertama lalu, dimana skuat Garuda ditahan imbang 1-1 pada pertandingan yang berlangsung di Manila pada November tahun lalu.

"Dan memang Filipina juga sulit untuk dihadapi. Tetapi para pemain harus bekerja keras, dan hari ini juga sama," ucap Shin Tae-yong.

Artikel Tag: timnas Indonesia, Piala Dunia, Shin Tae-Yong, Filipina

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/timnas-indonesia-harus-bekerja-lebih-keras-untuk-hadapi-filipina
1155  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini