Robert Sebut Idealnya di Bulan Maret Diadakan Turnamen Pemanasan

Penulis: M. Aldi
Selasa 19 Jan 2021, 22:00 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts

Berita Liga 1 Indonesia : Proyeksi PT. LIB untuk memulai kompetisi 2021 pada bulan Maret disebut Robert Rene Alberts terlalu tergesa. Menurutnya lebih ideal untuk memainkan lebih dulu turnamen pemanasan untuk tim-tim Indonesia.

Bukan tanpa alasan pelatih Persib Bandung itu memberikan pandangan tersebut. Selain karena adanya ancaman lain dari mutasi virus yang baru, semua tim juga belum dalam kondisi siap bermain di liga. Mengingat sudah lama pemain tidak tampil berkompetisi.

Jadi idealnya klub-klub diberikan ajang untuk menyiapkan timnya termasuk memulihkan kondisi fisik dan sentuhan dari pemain. Turnamen yang sifatnya pemanasan pun menurutnya ideal untuk digelar sebelum liga dimulai.

"Jika kami memulai liga bulan Maret itu terburu-buru lagi dan saya pikir saat ini, dengan kondisi adanya mutasi baru dari covid dan masih belum jelasnya soal vaksin, saya lebih menyarankan untuk memulai dengan semacam turnamen," tutur Robert saat diwawancara.

Turnamen pemanasan itu juga menurutnya bisa menjadi ajang dari kontenstan Liga 1 mencari pemain asing. Karena cukup banyak pemain yang ditinggal legiun asingya saat kompetisi terhenti. Meski Persib sejauh ini masih memiliki komposisi pemain impor yang utuh.

"Dimulai pada akhir Maret atau April, bukan liga tetapi turnamen, klub jadi bisa bersiap, klub bisa mulai mencari lagi pemain asing karena seperti diketahui sulit melakukan penerbangan dari luar negeri karena adanya regulasi soal lockdown dari beberapa negara dan kebijakan karantina saat memasuki suatu negara," jelasnya.

"Jadi coba dimulai dengan turnamen, agar semua klub bisa memulai lagi latihan dan klub juga bisa mulai bermain lagi di laga kompetitif sambil bersiap menghadapi liga yang sebenarnya," lanjut pelatih berkebangsaan Belanda itu.

Sedangkan untuk Liga 2021 menurutnya paling ideal adalah mulai mentas di bulan Agustus. Nantinya durasi kompetisi akan berjalan sekitar satu tahun hingga pertengahan tahun 2022. Sistem seperti itu mirip dengan kalender klub-klub Eropa.

"Jika melihat Agustus, saat itu kita sudah tahu hasil dari vaksin dan bagaimana penanganan soal covid bukan cuma di Indonesia tapi di dunia dan jika Indonesia bisa mengikuti jalannya musim seperti di Eropa saya rasa akan ada banyak kemudahan untuk Indonesia," terang pelatih Persib berusia 66 tahun ini.

Menurutnya akan banyak dampak positif yang didapat oleh Indonesia jika mengikuti jadwal Eropa. Seperti mempunyai kemungkinan lebih besar mendapat pemain asing berkualitas karena transfer window-nya bersamaan.

"Mengikuti sistem periode Eropa seperti musim 2021-2022 karena akan dimulai pada Agustus dan berakhir Mei, ada keuntungan yang didapat Indonesia. Karena akan bekerja di waktu transfer window yang sama dengan di Eropa dan lebih mudah menyesuaikan dengan kalender FIFA seperti turnamen besar, karena kami mengikuti sistem yang sama," ujarnya.

"Saya rasa demi kebaikan, mulai turnamen pada akhir Maret atau awal April hingga Juni atau Juli lalu setelah itu klub bisa bergerak lagi seperti mulai mengontrak pemain termasuk pemain asing dengan kualitas yang bagus dan kami bisa fokus serta menyiapkan pramusim yang bagus supaya bisa kembali bermain di liga pada Agustus 2021," pungkasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib

569  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini