Robert Sayangkan Aksi Anarkis Bobotoh Pasca Timnya Kalah

Penulis: M. Aldi
Selasa 27 Apr 2021, 23:15 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts (foto : Persib Official)

Berita Liga 1 Indonesia: Ulah oknum suporter Persib yang melakukan tindakkan anarkis disayangkan oleh Robert Rene Alberts. Menurutnya para perusuh ini harus bisa menerima kekalahan dan menapresiasi kerja keras pemain.

Hasil minor Persib di final Piala Menpora 2021 memacu aksi vandalisme di sejumlah ruas jalan di Kota Bandung. Kantor klub yang berlokasi di Jalan Sulanjana pun menjadi sasaran kemarahan mereka dengan melakukan pelemparan baru dan juga menyalakan flare.

Ada pula yang melakukan perusakan terhadap kendaraan yang berplat B. Robert menyebut bahwa pelaku tindak anarkisme tersebut bukan merupakan suporter sejati. Karena baginya Bobotoh mendukung tim dengan cara yang santun.

"Kami harus bisa membedakan Bobotoh yang sebenarnya dengan hooligans. Itu adalah kategori yang berbeda. Saya rasa, sangat penting bagi mereka untuk belajar mengapresiasi kerja keras tim jika benar-benar mencintai klub yang didukung," kata pria asal Belanda ini ketika diwawancara.

Di mata sang pelatih, kinerja timnya seharusnya mendapat apresiasi. Karena pemain sudah berjuang dari fase grup dan bisa melaju jauh hingga partai final. Mereka juga sanggup menyingkirkan kandidat kuat juara yang lain.

"Kalian mendukung klub, mengapresiasi kerja keras tim yang sudah melaju ke babak final. Klub itu (Persib), melewati Bhayangkara, Bali United atau Madura United, tim-tim top. Persib sudah melangkah jauh," jelas dia.

Oleh karena itu, aksi vandalisme untuk meluapkan kekecewaan tidak dibenarkan. Lebih ideal jika suporter memberi ucapan semangat kepada pemain dan penghormatan setelah berjuang di turnamen Piala Menpora ini.

"Kalian tak bisa pergi keluar untuk merusak properti dan melakukan protes. Kalian seharusnya memberikan apresiasi. Saya yakin orang-orang ini pada akhirnya akan merasa malu dengan apa yang dilakukan," ujar pria 66 tahun ini.

Usai menelan kekalahan dari Persija, Robert mengaku bahwa dia banyak mendapat dukungan. Di antaranya dari suporter Maung Bandung yang terus memberikan semangat. Seperti mengatakan bahwa ini adalah pramusim dan tim masih punya harapan.

"Saya juga mendapat pesan dari Bobotoh yang sebenarnya dan mereka memberikan dukungan, mereka percaya masa depan tim dan kami juga belajar dari itu. Ini hanya tentang edukasi," tutup pria kelahiran Amsterdam ini.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib

484  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini