Persib Hanya Akan lakukan Tes PCR Untuk Pemain Yang Baru Gabung

Penulis: M. Aldi
Kamis 06 Agu 2020, 15:15 WIB
Persib Hanya Akan lakukan Tes PCR Untuk Pemain Yang Baru Gabung

Rafi Ghani (dokter tim Persib)

Berita Liga 1 Indonesia: Mayoritas pemain Persib ditambah jajaran pelatih dan official tim melakukan tes PCR pada bulan lalu. Idealnya tes ini dilakukan secara rutin dan berkala, apalagi Persib akan mulai berlatih pekan depan.

Dokter tim Persib, Rafi Ghani mengatakan memang idealnya ada swab test lanjutan untuk awak tim. Karena jarak antara tes sudah mencapai satu bulan dan itu terbilang lama. Hanya saja Rafi mengatakan tidak mudah untuk melakukan tes PCR.

Maka dari itu dia lebih mengedepankan instruksi kepada semua pemain dan awak tim untuk benar-benar memperhatikan protokol kesehatan. Karena itu bisa mencegah mereka terpapar virus yang kini terus mengintai.

"Sebenarnya kemarin sudah dites, tetapi kita sudah lama tidak bertemu. Cuma kan ga mudah melakukan tes PCR ini jadi kemarin ditekankan untuk menjaga protokol kesehatan dari awal sebelum tes dan setelah tes untuk ditekankan lagi melakukan protokol kesehatan," ujar Rafi ketika diwawancara.

Dia mengatakan bahwa tes PCR lanjutan hanya akan diberikan kepada pemain yang belum melakukannya. Ada beberapa pemain seperti Supardi, Zulham Zamrun dan Victor Igbonefo karena mereka tidak hadir di sesi tes pertama bulan lalu.

Lalu ke depannya, Persib pun dikatakan Rafi hanya akan melakukan rapid test yang harganya lebih murah sesuai perintah dari PSSI. Rapid test akan dilakukan secara berkala selama kompetisi sebab itu juga merupakan syarat untuk bertanding.

"Mungkin ditesnya itu yang belum saja. Nah yang itu mah (yang sudah tes PCR), kalau regulasi PSSI tetap gunakan rapid test, saya pikir dulu nih apakah rapid test per dua minggu atau per tiga minggu," ujar Rafi.

Selepas tes PCR pertama bulan lalu, para pemain tentunya banyak berinteraksi dengan orang lain. Bahkan tidak sedikir yang sudah ikut bermain sepakbola dengan tim komunitas. Namun Rafi mengaku dia tidak khawatir ada yang terpapar virus covid-19.

"Ga apa-apa. Kan begini, mereka kalau ketemu orang harus ikutin protokol kesehatan yang baik. Memakai masker, tidak mengusap wajah pada ketika tangan kita tidak yakin bersih. Cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak bicara," tukasnya.

Artikel Tag: Rafi Ghani, Persib, Covid-19

362  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini