Pemain Persib Sebut Pendidikan Formal Penting Untuk Masa Depan

Penulis: M. Aldi
Minggu 03 Mei 2020, 16:45 WIB
Pemain Persib Sebut Pendidikan Formal Penting Untuk Masa Depan

Beckham Putra Nugraha

Berita Liga 1 Indonesia : Meniti karir sebagai pesepakbola tak serta merta membuat pemain harus melupakan pendidikan formal. Beberapa punggawa Persib pun kini banyak yang tercatat sebagai mahasiswa dan bahkan ada yang sudah menjadi sarjana.

Salah satu pemain yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi usai lulus dari SMA adalah Beckham Putra Nugraha. Anak muda berusia 18 tahun ini sekarang terdaftar sebagai mahasiswa tingkat dua di STIE Ekuitas,

Bandung. Beckham mengatakan dia berusaha membagi waktu antara kuliah dengan menjadi pesepakbola. "Inginya sih bisa seimbang antara pendidikan (formal) dan sepakbola. Karena dua-duanya kalau menurut saya itu penting," ujar Beckham ketika diwawancara.

Dirinya sadar bahwa karir sebagai pesepakbola tidak selamanya. Biasanya memasuki usia sekitar 35, pemain sudah gantung sepatu. Hanya segelintir pemain yang bisa mencapai angka 40 tahun dan masih aktif berlaga.

Selebihnya untuk terus berkarir di sepakbola, opsinya mungkin hanya sebagai pelatih saja. Maka dari itu Beckham memutuskan untuk menimba ilmu di pendidikan formal sebagai bekal baginya andai sudah pensiun sebagai atlet.

"Selain bisa dapat gelar sarjana, pastinya ilmu di kuliah bisa bermanfaat untuk masa depan. Sekarang perjuangan saya berusaha menyeimbangkan sepakbola dan pendidikan supaya berjalan sama-sama," jelas Beckham.

Sementara itu, gelandang Persib, Abdul Aziz sudah mendapatkan gelar sarjana pada pertengahan tahun lalu. Dirinya lulus dengan cum laude dari Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung. Aziz pun membeberkan kunci bisa menjadi sarjana meski sibuk sebagai pemain Persib.

Aziz terdaftar sebagai mahasiswa UNINUS sejak dia masih belum menjadi pemain profesional. Lalu kuliahnya sempat terbengkalai karena berpindah-pindah klub di Indonesia. Ketika mendapatkan kesempatan kembali ke Bandung, dia tidak menyia-nyiakannya.

“Kuncinya harus pintar dalam membagi waktu dan memaksimalkannya sebaik mungkin. Dengan Aziz dapat kesempatan main bersama Persib, artinya ini kesempatan juga buat menyelesaikan kuliah yang sempat tertunda," jelas Aziz.

Artikel Tag: Beckham Putra Nugraha, Persib, Abdul Aziz

1308  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini