Pedoman IFAB Jelaskan Alasan Wasit Gagalkan Gol Charles De Ketelaere

Penulis: Uphit Kratos
Sabtu 02 Mar 2024, 19:45 WIB
Charles De Ketelaere

Charles De Ketelaere

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Italia: Gol Charles De Ketelaere dianulir, pedoman IFAB menilai batas lengan sudah jelas, dan keputusan VAR tergantung dari keputusan yang diambil wasit.

Mario Pasalic mencegat umpan Benjamin Pavard yang tidak tepat sasaran dan Aleksei Miranchuk menerjang Alessandro Bastoni yang menghalau bola, membuat Charles De Ketelaere melepaskan tendangan bola muntah.

Namun sayang gol tersebut dianulir setelah tinjauan ulang VAR di lapangan, karena dalam momen tersebut Miranchuk terlihat memblokir bola dengan lengannya, meski setelah pertandingan hal tersebut jadi perdebatan.

Namun, itu bukanlah keputusan yang jelas, meskipun pemain internasional Rusia itu mengangkat tangannya dan menjauh dari badannya.

Pedoman IFAB memiliki titik batas yang sangat spesifik untuk membedakan antara bahu dan area lengan yang valid yang bisa digunakan untuk mengontrol bola dan di mana pengertian ‘lengan’ dimulai.

Gambar-gambar menunjukkan bahwa bola mengenai Miranchuk kurang lebih di garis tersebut, sehingga beruntung bagi Inter bahwa rekamannya sangat jelas dan memungkinkan wasit untuk mengambil keputusan.

Tentu saja, keputusan subjektif seperti handball harus diambil oleh wasit, sehingga VAR hanya dapat merekomendasikan Tinjauan Ulang di Lapangan dan tidak dapat mengambil keputusan sendiri.

Selain insiden handball Miranchuk, dalam laga tersebut ada banyak keputusan wasit yang jadi perdebatan, termasuk insiden handball Hans Hateboer yang diawali dari bola yang sebenarnya terlihat sudah keluar lapangan.

Asisten wasit bahkan sudah mengangkat bendera, namun wasit tidak meniup peluit dan Federico Dimarco berhasil mengirimkan umpan yang berujung insiden tersebut.

Artikel Tag: Charles de Ketelaere

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/pedoman-ifab-jelaskan-alasan-wasit-gagalkan-gol-charles-de-ketelaere
107  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini