Milan Kandidat Tim yang Paling Mungkin Anjlok, Ini Buktinya

Penulis: Nur Afifah
Jumat 05 Feb 2021, 08:49 WIB
AC Milan

AC Milan (Sumber: GettyImages)

Berita Liga Italia: Melihat dari statistiknya, AC Milan tampaknya bakal menjadi kandidat tim yang paling mungkin mengalami penurunan pada paruh kedua musim 2020-21 ini.

Rossoneri saat ini berada di puncak klasemen Serie A usai membukukan 14 kemenangan dari 20 pertandingan musim ini dengan hanya menelan kekalahan dari Juventus dan Atalanta. Akan tetapi, tak sedikit yang beranggapan pasukan Stefano Pioli tersebut hanya beruntung. Pasalnya, selama periode tersebut banyak tim yang mengalami kesulitan akibat masalah cedera, kasus COVI-19, dan dewi fortuna yang tak memihak. Kendati demikian, StatsBomb menyusun data untuk menganalisis apakah mereka benar-benar dalam posisi menanjak atau tidak.

Dimulai dengan statistik xG Difference yang menjadi tolok ukur favorit, Milan justru berada di posisi keenam tabel tersebut dengan angka sekitar 0.5, dan rival Serie A mereka Juventus dan Inter memimpin dengan angka yang hampir dua kali lipat. Berikut adalah tabelnya.

Performa luar biasa Rossoneri di Serie A berawal dari musim lalu setelah periode locdown, namun data yang ada menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang mungkin akan menjegal mereka pada paruh kedua musim 2020-21 ini.

Data tersebut menunjukkan bahwa dari tabel-tabel yang ada, Il Diavolo tidak benar-benar unggul dari kompetitor utama mereka. Selain itu, armada Pioli banyak diuntungkan dari hadiah-hadiah penalti yang mereka dapatkan hingga hampir tiga kali dan mencetak gol dua kali lebih banyak dari tim lain. Berikut adalah datanya.

Kendati demikian, StatsBomb menyebutkan bahwa musim ini masih menjadi musim terbaik Milan sejak mereka finis di peringkat tiga klasemen pada periode 2012-13. Rekrutmen yang bagus telah menciptakan skuat yang mampu melanjutkan tren positif pada musim-musim yang akan datang. Akan tetapi, mereka tampaknya bakal menjadi kandidat paling mungkin yang akan mengalami penurunan hasil di sisa musim ini.

Artikel Tag: Milan, Serie A, Pioli

8543  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa
Onyos
Onyos
07 Februari 2021 00:14
Statistik boleh berbicara boss.. tapi keberuntungan juga penting untuk suatu keberhasilan. Jangan sepelekan team andalan kami !!
Terima kasih, balasan untuk komentar ini sedang dimoderisasi.
160 karakter tersisa