Bojan Siap Lepas Pemain ke Timnas U-23 Tapi Dengan Syarat

Penulis: M. Aldi
Rabu 21 Feb 2024, 06:00 WIB
Pelatih Persib, Bojan Hodak

Bojan Hodak

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Bojan Hodak membuka ruang bagi tim nasional U-23 jika ingin memanggil pemain Persib. Tetapi harus ada kesepakatan yang terjalin antara pihak PSSI dengan klub-klub Liga 1.

Polemik antara klub dan timnas kini memanas kembali jelang Piala Asia U-23 2024. Karena beberapa pelatih klub Liga 1 menolak mengirimkan pemain U-23 mereka. Mengingat turnamen tersebut digelar bersamaan dengan liga dan ini bukan agenda FIFA Matchday.

Bojan Hodak mengakui bahwa tidak ada kewajiban dari klub untuk melepas pemainnya. Tapi dia juga mengaku bersedia membiarkan pemain memenuhi panggilan jika sudah ada kesepakatan yang disetujui semua klub.

"Jika semua setuju maka saya tidak bisa melawannya. Ini tergantung dari aturannya. Di Eropa, tidak ada kewajiban tim melepasnya karena ini bukan agenda di kalender FIFA," ujarnya ketika diwawancara setelah latihan di Stadion Sidolig, Selasa (20/2).

Pelatih asal Kroasia tersebut mengaku pernah berada pada posisi yang kini dialami Shin Tae-yong. Dirinya sempat menahkodai tim nasional junior Malaysia pada medio 2017-2019 dan paham dengan sudut pandang dari kedua belah pihak.

"Saya juga sebelumnya pernah bekerja di tim nasional U-20 Malaysia, jadi saya tahu bagaimana kondisinya di sini. Bagi saya tak masalah jika kami bisa membantu, maka kami akan membantu," kata pelatih 52 tahun ini.

Musim ini, Liga 1 2023/2024 membelakukan regulasi setiap tim harus memainkan satu pemain U-23 sebagai starter. Menurutnya ini jadi hal yang memberatkan klub-klub jika ada pemainnya yang dipanggil untuk gabung timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Menurutnya salah satu hal yang bisa jadi alternatif solusi adalah menghapuskan aturan pemain U-23 ketika Piala Asia U-23 digelar pada 15 April hingga 3 Mei. Bojan menegaskan dia ingin membantu timnas Indonesia dan juga kebutuhan klub tetap terakomodir.

"Tetapi satu hal yang perlu diperhatikan, harus ada suatu kesepakatan. Kami melepas pemain terbaik kami ke timnas U-23 tapi ada aturan klub harus memainkan pemain U-23 (di Liga 1)," ujarnya.

"Mungkin dengan begitu, mereka bisa memperbolehkan kami untuk tidak mengikuti aturan tersebut. Ini jadi salah satu (solusi). Tapi pada dasarnya saya selalu siap untuk membantu tim nasional Indonesia dan itu penting," tukas nahkoda Persib berkepala plontos tersebut.

Artikel Tag: bojan hodak, Persib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/bojan-siap-lepas-pemain-ke-timnas-u-23-tapi-dengan-syarat
1577  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini