Berita Sepak Bola Dunia: Dianggap Manipulasi Pertandingan, Wasit Asal Ghana Dihukum FIFA Seumur Hidup

Penulis: Dayat Huri
Selasa 21 Mar 2017, 22:45 WIB
Berita Sepak Bola Dunia: Dianggap Manipulasi Pertandingan, Wasit Asal Ghana Dihukum FIFA Seumur Hidup

Wasit Ghanaian Joseph Lamptey/foto backpagefix

Ligaolahraga -- Berita Sepak Bola Dunia: FIFA memperlihatkan sifat tegasnya terhadap sang pengadil atau wasit yang memanfaatkan posisinya saat memimpin sebuah pertandingan. Terbaru, Asosiasi sepak bola tertinggi dunia itu menjatuhkan hukuman seumur hidup untuk wasit asal Ghana, Joseph Lamptey .

Hukuman tersebut dijatuhkan atas tindakan Lampety yang dianggap memanipulasi pertandingan saat memimpin laga antara Afrika Selatan kontra Senegal di kualifikasi Piala Dunia 2018 yang dimenangkan Afsel dengan skor 2-1 pada November lalu.

Dia memberikan penalti untuk Afrika Selatan setelah menilai Kalidou Koulibaly handball di kotak terlarang. Namun, dari tayangan ulang, bola tidak mengenai tangan sang pemain, melainkan lututnya.

Badan sepak bola dunia tersebut akan menyampaikan beberapa rincian keputusan lainnya. "Setelahnya keputusan akan jadi keputusan final dan mengikat," kata pernyataan itu.

Lamptey sendiri masih dapat mengajukan banding ke FIFA dan ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga Internasional.

Pertandingan tersebut memang cukup krusial untuk kedua tim. Dengan kemenangan yang diraih Afrika Selatan itu membuat mereka berada di peringkat dua dan Senegal harus berada di urutan ketiga. Lamptey sendiri menolak untuk memberikan komentar terkait putusan tersebut.

Keputusan itu tidak lepas dari pengaduan yang dilakukan Fedarasi Sepak Bola Senegal (FSF) kepada FIFA atas kepemimpinan Lamptey.

"Kami cukup senang dengan keputusan ini. Karena ini akan jadi peringatan bagi semua wasit, bahwa mereka diawasi," kata Wakil Presiden FSF Abdoulaye Sow seperti dilansir BBC.

"Semua kecurangan akan dihukum sesuai dengan kesalahannya. FIFA telah memberikan keputusan yang tegas tentang pertandingan dan keputusannya bersifat final dan mengikat," pungkasnya. 

Memantau kinerja wasit di setiap pertandingan memang masih menjadi salah satu kerja wajib yang dilakukan FIFA. Apalagi, beberapa waktu belakangan banyak sekali tudingan terhadap wasit yang dianggap lalai bertugas, salah satu yang cukup gencar juga adalah sorotan media dan publik sepak bola terhadap Deniz Aytekin, wasit yang memimpin pertandingan antara Barcelona vs Paris Saint-Germain, beberapa keputusannya pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions tersebut dianggap cukup banyak merugikan PSG.

Artikel Tag: berita sepak bola dunia, FIFA, Senegal, Afrika Selatan, Ghana

946  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini