Tekuk Kanada, Serbia Melangkah ke Final FIBA World Cup 2023

Penulis: Hanif Rusli
Jumat 08 Sep 2023, 18:35 WIB
Bogdan Bogdanovic (kanan) tampil gemilang saat Serbia mengalahkan Kanada di semifinal. (Foto: Getty)

Bogdan Bogdanovic (kanan) tampil gemilang saat Serbia mengalahkan Kanada di semifinal. (Foto: Getty)

Ligaolahraga.com -

Tidak ada Nikola Jokic, tidak masalah. Bahkan tanpa pemain terbaiknya pada musim panas ini, tim asuhan Svetislav Pesic itu akan bertanding meraih emas di FIBA World Cup 2023. Bogdan Bogdanovic mencetak 23 poin dan Serbia mengalahkan Kanada 95-86 di semifinal pada Jumat (8/9/2023) sore di Mall of Asia Arena, Manila, Filipina.

Ognjen Dobric dan Nikola Milutinov masing-masing mencetak 16 poin untuk Serbia, tim dengan akurasi tembakan terbaik sejauh ini di turnamen - melesakkan 55% tembakan sebelum laga itu, kemudian sukses memasukkan 62% tembakannya untuk mengakhiri harapan Kanada untuk meraih medali emas.

Serbia (6-1) melangkah ke final World Cup untuk kedua kalinya dalam tiga turnamen terakhir. Mereka kalah di tangan AS di final 2014, dan akan menghadapi Amerika Serikat atau Jerman pada Minggu (10/9/2023) malam dalam pertandingan perebutan gelar di Manila.

RJ Barrett mencetak 23 poin untuk Kanada (5-2), yang berusaha mencapai final FIBA World Cup untuk pertama kalinya. Mereka akan menghadapi Jerman atau Amerika Serikat untuk memperebutkan medali perunggu pada hari Minggu. Kanada akan coba meraih medali internasional mereka yang paling signifikan sejak memenangkan medali perak di Olimpiade Berlin 1936.

Dillon Brooks mencetak 16 angka untuk Kanada dan Shai Gilgeous-Alexander menyelesaikan pertandingan dengan hanya 15 poin - 10 poin di bawah rata-rata poin yang dia torehkan di turnamen ini.

Jokic memutuskan tidak bermain pada musim panas ini setelah membawa Denver Nuggets meraih gelar juara NBA di bulan Juni, memberikan dirinya waktu untuk beristirahat sebelum mempertahankan gelar juara.

Serbia pun tetap berjalan tanpa dirinya. Namun kemudian harus mengatur ulang barisan mereka di turnamen ini setelah kehilangan pemain cadangan Borisa Simanic, yang harus menjalani operasi pengangkatan ginjal setelah terkena sikut dalam pertandingan melawan Sudan Selatan.

Pada hari Minggu nanti, mereka akan mendapatkan medali. Emas atau perak, hanya itu pertanyaannya.

Kanada memulai turnamen dengan kemenangan telak 95-65 atas peraih medali perak Olimpiade sebelumnya, Prancis, dan memiliki peluang terendah kedua - di belakang AS - untuk memenangkan emas.

Namun, Kanada melakukan banyak pelanggaran di awal-awal pertandingan. Ini membuat pertahanan mereka tidak berjalan dengan baik, yang pada gilirannya membuat para pemainnya tidak dapat mencetak angka dengan mudah.

Dan Bogdanovic dan kawan-kawan pun memanfaatkan betul keuntungan itu. Mereka unggul 52-39 saat jeda, dan Kanada marah atas banyaknya pelanggaran yang mereka lakukan.

Kanada melakukan 17 pelanggaran - termasuk sebuah pelanggaran teknis di akhir paruh pertama yang dilakukan oleh pelatih Kanada Jordi Fernandez - dalam 20 menit pertama, berbanding 11 untuk Serbia.

Kelima starternya melakukan setidaknya dua pelanggaran di paruh pertama. Gilgeous-Alexander mendapatkan pelanggaran keduanya dengan waktu 3:27 tersisa di paruh pertama; Serbia merespons dengan melaju 9-0 dan mempertahankan keunggulan di sisa paruh itu.

Bogdanovic dan kawan-kawan memimpin dengan selisih 15 poin di akhir paruh pertama. Itu defisit terbesar yang pernah dihadapi Kanada di turnamen ini. Mereka menghadapi defisit 12 poin saat menghadapi Latvia dan Spanyol, dan berhasil bangkit untuk menang di dua pertandingan tersebut.

Namun, tidak kali ini.

Artikel Tag: Serbia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/tekuk-kanada-serbia-melangkah-ke-final-fiba-world-cup-2023
489  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini