Tampil Di Olimpiade Keempat, Tujuan LeBron James Hanya Satu: Medali Emas

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 07 Jul 2024, 09:00 WIB
LeBron James menjawab pertanyaan media setelah latihan pertama pemusatan latihan tim basket Olimpiade AS di Las Vegas. (Foto: AP)

LeBron James menjawab pertanyaan media setelah latihan pertama pemusatan latihan tim basket Olimpiade AS di Las Vegas. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

LeBron James pertama kali bermain di tim Olimpiade AS saat berusia 19 tahun. Dia melakukannya lagi di usia 20-an, dua kali. Dan sekarang, beberapa bulan sebelum menginjak usia 40 tahun, dia kembali untuk satu kali lagi.

LeBron James tidak membutuhkan pengalaman Olimpiade lagi untuk melengkapi beberapa kotak yang hilang dalam resumenya atau menambah warisan yang sudah lama ia dapatkan. Ia memutuskan untuk bermain di musim panas ini karena satu alasan sederhana - karena ia ingin.

Mengambil langkah pertamanya untuk menjadi pemain basket putra AS pertama yang berkompetisi di Olimpiade dalam tiga dekade terakhir, James mulai berlatih pada hari Sabtu (6/7) dengan tim yang akan dikirim ke Olimpiade Paris akhir bulan ini.

Pemusatan latihan dibuka di Las Vegas, awal dari perjalanan selama 5,5 pekan di mana satu-satunya hasil akhir yang dapat diterima adalah AS memenangkan medali emas untuk kelima kalinya secara beruntun.

"Saya masih bermain di level yang tinggi," kata LeBron James, peraih tiga medali Olimpiade - dua emas dan satu perunggu - pada hari Sabtu setelah latihan pertama. "Saya masih mencintai permainan bola basket. Dan Tim AS telah bekerja dengan baik untuk saya, jadi saya merasa penting untuk musim panas ini untuk dapat pergi ke sana dan bermain dengan para pemain lainnya."

Latihan pertama dilakukan pada hari yang juga merupakan hari pertama bagi keluarga James; latihan di Las Vegas dilakukan bersamaan dengan pertandingan pertama Los Angeles Lakers di NBA Summer League, California Classic - debut profesional Bronny James, putra dari pencetak skor terbanyak sepanjang masa NBA.

Akan sangat mudah bagi LeBron James untuk meminta cuti di hari pertama, untuk menyaksikan debut putranya. Itu tidak pernah menjadi pertimbangannya. Ia turun ke lapangan sesaat setelah bus-bus datang, berjabat tangan dengan rekan-rekan setimnya, melakukan dunk dan bercengkerama dengan dua mantan pelatihnya - Erik Spoelstra dan Tyronn Lue, yang keduanya pernah meraih gelar juara NBA bersama James.

"Saya terpesona dengan betapa kerasnya dia berlatih," kata pelatih AS Steve Kerr. "Saya menemui Ty dan Spo, dan saya berkata, 'Apakah ini normal?" Dan mereka berkata, 'Setiap hari, setiap hari. Dan kemudian saya berkata kepada Spo, 'Bagaimana dengan saat Anda mendapatkannya? Dan Spo berkata, 'Setiap hari, setiap latihan, setiap latihan."

Kerr pernah menghadapi LeBron James di empat Final NBA, yang semuanya menampilkan pemain Golden State, Stephen Curry - yang bermain untuk Kerr di Warriors dan akan melakukan debutnya di Olimpiade musim panas ini.

Dan cukup adil untuk mengatakan bahwa bekerja sama adalah bagian dari apa yang membuat James dan Curry tertarik ketika tiba waktunya untuk memutuskan apakah akan bermain di Paris atau tidak.

"Saya telah berbicara dengan mereka berdua tentang ide untuk bersama setelah saling bersaing dengan pertaruhan besar selama bertahun-tahun," kata Kerr. "Mereka jelas sangat cocok satu sama lain. Ide tentang Steph yang memainkan bola, dan LeBron yang mendorongnya saat transisi, itu cukup menarik. Jelas, Steph akan bermain dengan bola juga. Dan LeBron telah menjadi penembak yang baik, namun mereka berdua sangat baik dalam berbagai area permainan. Saya pikir mereka sangat bersemangat untuk bertanding bersama untuk pertama kalinya"

LeBron James merupakan bagian dari tim AS yang memenangkan perunggu di Olimpiade 2004 di Athena dan kejuaraan dunia 2006 (sekarang disebut Piala Dunia) di Jepang. Dan sejak saat itu, Amerika Serikat tidak terkalahkan ketika James mengenakan seragam USA di dadanya dalam pertandingan internasional.

Dimulai dengan perebutan medali perunggu di Jepang 18 tahun yang lalu, AS telah memainkan 36 pertandingan - 10 pertandingan di turnamen FIBA Amerika pada 2007, kemudian empat pertandingan sebelumnya dan delapan pertandingan di Olimpiade Beijing 2008, kemudian lima pertandingan lainnya dan delapan pertandingan di Olimpiade London 2012 - dengan James berseragam AS. Rekornya: 36-0. Dia berharap bisa menjadi 47-0 ketika musim panas ini berakhir.

"Saya di sini untuk menjalani musim panas yang baik," kata James.

Meskipun tidak bermain di Rio de Janeiro atau Tokyo, LeBron James akan berpartisipasi di Olimpiade keempatnya - menyamai rekor terbanyak yang pernah diraih oleh pebasket putra AS. Hanya Carmelo Anthony yang telah bermain di empat Olimpiade untuk tim putra AS hingga saat ini; Kevin Durant juga akan bermain di Olimpiade keempatnya pada musim panas ini.

Itu adalah catatan yang bagus, tetapi bukan hal yang dipikirkan James saat ini.

"Satu-satunya tujuan kami," katanya, "adalah memenangkan medali emas."

Artikel Tag: LeBron james

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/tampil-di-olimpiade-keempat-tujuan-lebron-james-hanya-satu-medali-emas
126  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini