SAS Kritik Caitlin Clark Tidak Masuk Tim AS, Tekankan Potensi Pemasaran

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 11 Jun 2024, 19:23 WIB
Kehadiran Caitlin Clark di Olimpiade akan menarik lebih banyak penonton dan meningkatkan profil olahraga ini, menurut Stephen A. Smith. (Foto: Stephen A. Smith Show)

Kehadiran Caitlin Clark di Olimpiade akan menarik lebih banyak penonton dan meningkatkan profil olahraga ini, menurut Stephen A. Smith. (Foto: Stephen A. Smith Show)

Ligaolahraga.com -

Dalam episode terbaru “The Stephen A. Smith Show”, Stephen A. Smith atau SAS mengungkapkan ketidaksetujuannya yang kuat terhadap Caitlin Clark yang tidak masuk dalam daftar tim putri AS ke Olimpiade Paris.

Dia menegaskan kembali pendiriannya dari segmen sebelumnya di “First Take” ESPN, dan menyebut keputusan itu “bodoh.” Smith menyatakan, “Saya hanya ingin dunia tahu bahwa saya tidak berubah pikiran sedikit pun. Saya pikir itu adalah sebuah kebodohan."

Namun, Smith mengklarifikasi bahwa argumennya bukan tentang kemampuan bermain basket Caitlin Clark. Ia mengakui bahwa setiap pemain dalam daftar pemain saat ini layak mendapatkan tempat mereka berdasarkan prestasi dan performa, termasuk para bintang seperti A'ja Wilson dan Breanna Stewart.

Argumen Smith berpusat pada potensi pemasaran Caitlin Clark. Dia menekankan bahwa Clark telah secara signifikan meningkatkan minat terhadap bola basket wanita, yang mengarah pada rekor rating, pendapatan, dan jumlah penonton untuk WNBA.

“Mengetahui hal tersebut dan mengetahui platform global yang disediakan Olimpiade dan apa yang pada akhirnya dapat dilakukan untuk WNBA jika Anda mengikutsertakannya, saya pikir mereka melewatkan kesempatan tersebut,” kata Smith.

Smith kemudian memperkenalkan Andraya Carter, seorang analis bola basket yang dihormati, untuk mendiskusikan masalah ini. Carter, mantan pemain basket perguruan tinggi, juga setuju bahwa Clark adalah talenta yang luar biasa dan aset pemasaran yang berharga. Namun, ia menekankan bahwa pencoretan Clark dari daftar pemain hanya didasarkan pada alasan bola basket.

"Ia tidak berpartisipasi dalam kamp pelatihan; ia tidak dapat berpartisipasi dalam turnamen kualifikasi. Para pemain dalam daftar ini telah bekerja untuk kesempatan ini sejak tahun 2022,” jelas Carter.

Carter menyoroti pentingnya chemistry dan kontinuitas tim, terutama dalam lingkungan dengan taruhan tinggi seperti Olimpiade. Ia berpendapat bahwa menambahkan Clark ke dalam daftar pemain tanpa integrasi sebelumnya dengan tim dapat mengganggu chemistry ini dan berdampak negatif pada performa tim.

“Posisi 11, 12, posisi 10 dalam daftar pemain, posisi-posisi itu penting dalam hal chemistry, dalam hal kontinuitas, dalam hal keakraban,” tegas Carter.

Smith membalas dengan menekankan potensi keuntungan pemasaran dengan menyertakan Caitlin Clark, dengan alasan bahwa kehadirannya akan menarik lebih banyak penonton dan meningkatkan profil olahraga ini.

"Saya tahu apa yang diinginkan panitia. Saya tahu apa yang diinginkan WNBA. Saya tahu apa yang diinginkan oleh para wanita di seluruh dunia dalam hal bola basket wanita, dan saya yakin hal tersebut dapat mengatasi kekhawatiran yang Anda kemukakan,” tegas Smith.

Carter menanggapi dengan memperingatkan potensi narasi negatif. Dia menunjukkan bahwa setiap insiden kecil yang melibatkan Caitlin Clark, seperti tos yang terlewat atau berdiri terpisah dari tim, dapat diteliti dan dibesar-besarkan, sehingga menciptakan gangguan.

"Sekarang Anda ingin menempatkannya dalam situasi di mana dia tidak mengenal siapa pun, dia tidak mengenal pelatih, dia tidak memiliki waktu untuk beradaptasi dengan tim ini, dia mungkin tidak mendapatkan banyak waktu bermain. Di luar negeri lebih banyak latihan fisik,” Carter memperingatkan.

Smith mempertahankan posisinya, dengan alasan perlunya memanfaatkan popularitas Caitlin Clark untuk kepentingan olahraga yang lebih besar. Dia membandingkannya dengan olahraga lain di mana kesejahteraan individu sering dikesampingkan demi keuntungan kolektif.

“Saya dapat memberikan banyak contoh di mana kesejahteraan individu diabaikan dan dikesampingkan demi kemajuan produk kolektif dan permainan itu sendiri,” kata Smith.

Carter menyimpulkan dengan menegaskan kembali pentingnya chemistry tim dan pendekatan yang berfokus pada misi dari komite seleksi, mengungkapkan keyakinannya bahwa pertumbuhan jangka panjang tidak boleh dikorbankan demi keuntungan pemasaran sesaat.

“Menempatkannya di panggung ini dengan para pemain yang tidak dikenalnya setelah tidak berpartisipasi dalam kamp dan bermain basket sejak November agar dia bisa menjadi alat pemasaran benar-benar mengerikan bagi saya,” kata Carter.

Artikel Tag: Caitlin Clark

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/sas-kritik-caitlin-clark-tidak-masuk-tim-as-tekankan-potensi-pemasaran
207  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini