Toby Penty, Pebulu Tangkis Nomor 1 Inggris yang Menderita Penyakit Langka Hingga Membuatnya Botak

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 23 Mei 2020, 02:00 WIB
Toby Penty, Pebulu Tangkis Nomor 1 Inggris yang Menderita Penyakit Langka Hingga Membuatnya Botak

Toby Penty/[Foto:SinaSports]

Berita Badminton: Pebulu tangkis senior asal Inggris, Toby Penty menderita alopecia, yang mengganggu pikiran dan tubuhnya, dan bahkan membuatnya memutuskan pensiun.

Penty, yang kini berusia 27 tahun dan berada di peringkat 52 dunia, merupakan pebulu tangkis terbaik di Inggris. Namun ia memiliki bintik botak kecil di kepalanya sejak potongan rambutnya pada November 2018. Sejak saat itu, pemain kelahiran London ini telah kehilangan rambutnya. Bahkan seluruh rambut tubuhnya rontok, tampaknya menderita alopecia sistemik, yang merupakan penyakit yang sangat langka dan serius.

Semakin lama durasi penyakit, semakin jelas, dan tingkat kesembuhan penyakit langka ini sangat rendah, dan membutuhkan biaya yang sangat banyak. Selama mewabahnya pandemi covid-19, meskipun semua olahraga di Inggris ditangguhkan, ini memungkinkan Panty untuk merefleksikan 18 bulan perubahan dan tantangan.

"Ini campuran kemarahan dan kesedihan. Awalnya saya merasa bahwa identitas saya telah hilang, terutama ketika alis saya menghilang, yang membuat saya berjuang karena saya terlihat seperti orang yang berbeda ketika saya melihat ke cermin. Setelah pelatihan Saya pergi mandi, mengeringkan rambut saya, dan kemudian banyak rambut yang rontok. Setelah seluruh rambut gugur, saya sangat terpukul," kata Penty, dikutip dari Sports Sina.

"Saya menyadari bahwa saya perlu menerima fakta ini, tidak tahu apakah itu permanen atau apakah rambut saya akan tumbuh kembali, saat itulah saya benar-benar mulai merasakan sakit."

"Dalam 18 bulan terakhir, saya telah berulang kali berharap untuk gantung raket dan lebih memperhatikan diri saya sendiri. Meskipun saya tidak ingin itu menjadi masalah yang mencegah saya bermain (pandemi Covid-19). Bagi saya pribadi, ini untuk saya, saatnya mengkonfirmasi masalah," tambahnya.

Penampilannya berubah dengan cepat dan pemain Inggris itu sangat terpukul, dan dia juga harus menemui seorang psikolog, sebelum pada akhirnya memutuskan untuk pensiun.

Penty menjalani operasi yang disebut "mikropigmentasi" pada Desember tahun lalu, pigmen alami di kulit kepala diratakan agar terlihat seperti folikel rambut, meningkatkan kondisi mentalnya.

"Menemui seorang psikiater memungkinkan saya untuk memahami hal-hal dengan lebih baik dan jelas. Saya pikir saya mencoba membuat diri saya merasa baik lagi, daripada membiarkan prosesnya memakan waktu," katanya.

"Saya pikir tidak apa-apa untuk memberi waktu pada diri saya sendiri, tetapi saya benar-benar ingin pensiun selamanya dan melalui operasi, setidaknya ketika saya melihat ke cermin, itu membuat saya merasa lebih seperti saya sendiri," jelas Penty.

Artikel Tag: Toby Penty, Kebotakan Total, Badminton Inggris

479  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini