Positif Covid-19, BWF Izinkan Saina Nehwal Tampil di Thailand Open

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 13 Jan 2021, 09:30 WIB
BWF Izinkan Saina Nehwal Tampil di Thailand Open

Saina Nehwal/[Foto:Times of India]

Berita Badminton : Federasi Badminton Dunia (BWF) dan Asosiasi Badminton Thailand (BAT) dapat mengonfirmasi tiga dari empat pemain yang dites positif COVID-19 hari ini di HSBC BWF World Tour Asia telah diizinkan untuk menggantikan mereka di YONEX Thailand Open .

Mereka dikukuhkan sebagai Saina Nehwal (India), HS Prannoy (India), dan Jones Ralfy Jansen (Jerman). Pemain keempat, Adham Hatem Elgamal dari Mesir, telah ditarik.

Saina Nehwal dan HS Prannoy sebelumnya dibawa ke rumah sakit sementara Jansen dan Elgamal dikarantina sendiri di hotel. Suami Nehwal, Kashyap Parupalli , juga diminta melakukan karantina sendiri karena pasangan suami istri itu berbagi kamar.

Setelah menguji ulang sampel keempat pemain sebelumnya hari ini, Prannoy, Jansen dan Elgamal kembali negatif, sementara Nehwal ditemukan positif lagi.

Keempat pemain tersebut kemudian menjalani tes PCR kedua dan tes darah antibodi untuk konfirmasi lebih lanjut.

Malam ini, BWF menerima hasil dan keputusan beralasan dari Komite Diagnosis dan Investigasi Kementerian Kesehatan Masyarakat Thailand, kelompok kerja yang terdiri dari enam dokter yang telah dibentuk hanya untuk turnamen ini.

Kesimpulannya adalah sebagai berikut:

- Saina Nehwal, HS Prannoy dan Jansen dinyatakan positif pada tes PCR tetapi IgG antibodi mereka positif. Tes antibodi positif berarti seseorang pernah terinfeksi virus COVID-19 di masa lalu. Itu tidak berarti mereka saat ini terinfeksi. Ketiganya semuanya terjangkit COVID-19 pada akhir tahun 2020. Panitia merasa puas bahwa mereka tidak terinfeksi dan tidak menimbulkan bahaya bagi turnamen.

- Elgamal dinyatakan positif pada tes PCR tetapi IgG antibodinya negatif, yang menunjukkan dia tidak memiliki antibodi untuk virus tersebut. Elgamal belum pernah tertular COVID-19 sebelumnya. Panitia menyarankan agar pemain tersebut ditarik.

- Elgamal, pemain ganda campuran, sekarang akan dibawa ke rumah sakit untuk observasi dan tes lebih lanjut dan akan tetap diisolasi selama minimal 10 hari di rumah sakit. Pertandingan ganda campurannya dengan rekannya Doha Hany yang dijadwalkan malam ini telah ditunda.

BWF dan Asosiasi Badminton Thailand (BAT) akan terus mengikuti semua protokol yang diuraikan oleh otoritas kesehatan setempat untuk memastikan keselamatan semua peserta lainnya, dengan tindakan pelacakan kontak yang ketat diaktifkan.

Selanjutnya, pemain Mesir dianggap berisiko tinggi. Hany dikategorikan sebagai kontak langsung dan oleh karena itu harus melakukan karantina sendiri dan dites setiap hari hingga pemberitahuan lebih lanjut. Pemain tunggal putri Hadia Hosny memiliki kontak dekat dan bisa bermain dengan hasil tes negatif.

Pertandingan tunggal Nehwal dan juga Parupalli yang diumumkan sebelumnya hari ini, akan dijadwalkan ulang untuk pertandingan besok (13/1).

Artikel Tag: BWF, saina nehwal, thailand

456  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini