Kento Momota Masuk Skuad Jepang di Piala Thomas 2024

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 02 Apr 2024, 18:30 WIB
Kento Momota Masuk Skuad Jepang di Piala Thomas 2024

Kento Momota/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pada tanggal 30 Maret 2024, Asosiasi Bulu Tangkis Jepang (NBA) telah resmi merilis tim putra dan putri untuk Piala Thomas dan Uber 2024. Daftar tersebut, yang dipimpin oleh tim senior putra dengan Kento Momota dan bintang muda di isi oleh Tomoka Miyazaki, telah memicu sedikit perbincangan mengenai pilihan yang dibuat untuk daftar tersebut, khususnya dengan tim putra.

Tim Jepang telah mengirimkan empat pemain tunggal putra yakni Kenta Nishimoto (No. 12 Dunia), Koki Watanabe (No. 22 Dunia), Kodai Naraoka (No. 6 Dunia), dan yang terakhir Kento Momota (No. 52 Dunia) .

Kesenjangan yang terlihat besar antara pemain terbaik ke-3 dan ke-4 di tim ini menjadi topik diskusi yang besar, mengingat Kanta Tsuneyama (No. 20 Dunia) yang lebih muda dan lebih bugar tidak dimasukkan dalam daftar.

Keputusan untuk memilih Kento Momota dibandingkan Tsuneyama adalah sebuah hal yang kontroversial, dan meskipun Momota masih menjadi wajah dari bulutangkis Jepang sebagai mantan pemain nomor satu dunia, Tsuneyama dalam beberapa tahun terakhir telah melonjak peringkatnya dan bahkan mengungguli Momota di French Open pada tahun 2021 dan di Malaysia Masters pada tahun 2022, dengan terakhir kali Momota mengalahkan Tsuneyama terjadi pada tahun 2019 sebelum cedera parah yang dialaminya.

Meskipun kehebatan bersejarah Momota tidak dapat disangkal, sebagai pemain luar biasa dengan dua gelar Kejuaraan Dunia, kecelakaan mobil yang terjadi pada tahun 2019 tidak diragukan lagi telah mengubah arah karirnya, dan keputusan Asosiasi Bulu Tangkis Jepang untuk pemilihan Piala Thomas 2024 sangat kontroversial.

Namun performa Momota masih terus membaik dalam beberapa tahun terakhir, dengan menjuarai Korea Masters 2023 pada 12 November 2023.

Dan minggu berikutnya, di Kumamoto Masters Japan 2023, Momota mengalahkan Loh Kean Yew dalam 3 set dan dalam waktu 85 menit, disusul pertarungan 101 menit dengan Rasmus Gemke di ronde kedua.

Meski kalah dari Shi Yuqi di perempat final Kumamoto Masters Japan 2023, penampilan stamina barunya bisa menjadi indikasi kembalinya Momota ke masa jayanya, jadi mungkin Asosiasi Bulu Tangkis Jepang telah menyadari sesuatu yang belum kita sadari.

Namun, untuk sektor putri, mereka akan dihuni oleh pemain baru berusia 17 tahun dan peringkat 25 dunia Tomoka Miyazaki dan ganda putri peringkat 10 dunia pasangan Rema Miyaura dan Ayako Sakuramoto.

Karena Miyazaki menjadi salah satu favorit untuk memenangkan Kejuaraan Dunia Junior BWF dan memiliki peringkat yang sangat tinggi, mereka menjadi pesaing yang kuat untuk memenangkan Piala Uber tahun ini, dan mengingat dia semakin membaik, maka masuk akal untuk menguji kemampuannya di Piala Uber tahun ini.

Pada akhirnya, apapun keputusan yang diambil oleh Asosiasi Bulutangkis Jepang, hal ini memberikan kesempatan bagi kedua tim untuk membuktikan diri kepada dunia.

Dengan Kento Momota yang semakin tua hadir untuk menunjukkan mengapa ia terpilih tahun ini dan Miyazaki yang bercita-cita untuk membuktikan kemampuannya di panggung besar, ada kemungkinan tim Jepang ini akan mengejutkan dunia bulu tangkis.

Artikel Tag: kento momota, Tomoka Miyazaki, Piala Thomas 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/kento-momota-masuk-skuad-jepang-di-piala-thomas-2024
950  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini