Kanker Telah Dilumpuhkan, Chou Tien Chen Siap Bertarung di Olimpiade Paris

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 06 Apr 2024, 02:00 WIB
Kanker Telah Dilumpuhkan, Chou Tien Chen Siap Bertarung di Olimpiade Paris 2024

Chou Tien Chen/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Beberapa saat setelah Maret tahun lalu, setelah memainkan final YONEX Swiss Open 2023, hasil bintang Taiwan, Chou Tien Chen mulai menurun.

Serangkaian tersingkir lebih awal diikuti, kadang-kadang dipecah oleh perempat final. Akhirnya, beberapa bulan kemudian pada bulan November Chou Tien Chen berkompetisi di final lainnya, di HYLO Open yang ia menangkan dengan mengalahkan Lee Cheuk Yiu.

Ciri khas Chou Tien Chen yang menonjol adalah konsistensinya, sehingga ada sesuatu yang tidak terduga ketika hasilnya terus goyah.

Pada bulan Februari, setelah memenangkan PRINCESS SIRIVANNAVARI Thailand Masters 2024, Chou mengungkapkan apa yang dia alami selama setahun terakhir: dia menjalani operasi kanker kolorektal.

"Syukurlah, kanker tersebut telah terdeteksi sejak dini, pada bulan April sebelum Kejuaraan Bulu Tangkis Asia, dan pembedahan yang diperlukan hanyalah prosedur kecil. Namun apa yang membuatnya enggan menceritakan apa yang dialaminya?

“Saya tidak ingin memberikan alasan,” katanya, tentang banyak kerugian awal yang dideritanya selama kembalinya dari operasi.

Dia ingin terus bermain karena impian Olimpiadenya masih sangat besar.

“Kamu terus bermain karena kamu punya mimpi kan? Olimpiade selalu menjadi impian kami,” mengacu pada fisionya Victoria Kao, yang ia hargai karena membantu pemulihannya.

“Saya belum dapat medali olimpiade, saya sangat ingin mendapatkan medali. Kami selalu fokus pada hal itu dan kami melakukan segalanya untuk berkembang demi Olimpiade, jadi berpikir, tidur atau makan… Anda hanya perlu sangat fokus.”

Meskipun ia belum mendapatkan kembali konsistensinya, Chou Tien Chen mengatakan ia merasa baik-baik saja, secara fisik dan mental, hanya saja ia cenderung kehilangan fokus selama pertandingan.

Meski begitu, ia tidak membahayakan peluangnya di Olimpiade, karena ia saat ini berada di peringkat ke-14 dalam Race to Paris; posisinya dibantu oleh posisi runner-up di YONEX Swiss Open dan semifinal di Madrid Spain Masters.

“Diagnosisnya terjadi pada bulan April lalu, sebelum Kejuaraan Asia,” kenang Chou.

“Saya sempat berlatih bersama Viktor (Axelsen), dan sebelumnya saya melakukan pengecekan fisik. Ketika mereka melakukan pemeriksaan lebih rinci, itu adalah kanker. Ketika kami mendapat berita itu, kami sangat terkejut. Saya sedang bermain di Kejuaraan Asia saat itu. Saya selalu makan dengan baik dan tidur nyenyak, jadi kami tidak tahu mengapa hal itu terjadi. Tapi kami merahasiakannya sampai bulan lalu."

"Sekarang saat yang tepat untuk memberitahu semua orang, karena saya menjadi juara lagi, dan kondisi fisik saya lebih baik sekarang, saya dapat menunjukkan kepada semua orang sikap saya, dan bahwa hidup bukan hanya tentang bulutangkis, Anda perlu menjaga karakter Anda. Saya ingin memberitahu semua orang bahwa ketika Anda mengalami kehilangan dan mengalami emosi negatif, Anda harus tetap positif dan menemukan jawabannya. Jadi saya benar-benar ingin mendorong semua orang untuk itu, jadi saya memberikan informasi ini untuk semua orang.”

Operasinya sendiri memang kecil, namun karena sebagian usus besarnya terkena dampak, ia diminta hanya makan makanan ringan.

“Saya terkadang kehilangan fokus dengan cepat. Terkadang saya bermain sangat bagus, dan terkadang saya merasa mandek," kata Chou.

Yang lebih penting baginya adalah perspektifnya mengenai kehidupan setelah operasi, keyakinannya bahwa berbagi pengalaman ini akan menginspirasi orang lain:

“Kondisi fisik saya jauh lebih baik dari sebelumnya dan kepercayaan diri saya lebih baik. Ini penting bagi saya, jadi ketika saya memenangkan Thailand Masters, saya berbagi dengan semua orang di gereja, dan kemudian dengan semua orang… di usia ini, saya masih bisa melalui pengalaman ini dan saya bisa berbuat lebih banyak. Anda dapat menghadapi segalanya dengan energi positif dan fokus.”

Keyakinan Chou Tien Chen tercermin dalam aspirasinya untuk Olimpiade. Dia tidak hanya mencari medali untuk dirinya sendiri; Ia berharap Olimpiade ini penuh dengan hal-hal positif.

“Saya ingin berdoa untuk tempat ini (Adidas Arena), karena tempat ini adalah impian setiap atlet. Penting bagi kita untuk menghadapi satu sama lain dengan sikap yang baik untuk pertarungan yang baik di sini, apakah Anda kalah atau menang, kita bisa menciptakan pertandingan yang hebat di sini. Sangat menarik untuk melakukan itu. Semua orang baik secara fisik, psikologis, mereka mendorong orang lain hingga batasnya, jadi saya senang berada di sini.”

Artikel Tag: Chou Tien Chen, Kanker, Olimpiade Paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/kanker-telah-dilumpuhkan-chou-tien-chen-siap-bertarung-di-olimpiade-paris
1355  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini