Chan Peng Soon Yakin Persaingan Akan Sangat Menarik Jika Kualifikasi Race to Tokyo Dilanjutkan Tahun Depan

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 28 Mei 2020, 16:45 WIB
Chan Peng Soon Yakin Persaingan Akan Sangat Menarik Jika Kualifikasi Race to Tokyo Dilanjutkan Tahun Depan

Chan Peng Soon-Goh Liu Ying/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Pebulutangkis profesional spesialis ganda campuran peringkat 7 dunia asal Malaysia, Chan Peng Soon percaya perlombaan kualifikasi Olimpiade yang macet tidak akan dilanjutkan sampai tahun depan yang menjadikan persaingan akan sangat menarik.

Federasi Badminton Dunia (BWF) meluncurkan kalender turnamen yang direvisi minggu lalu dalam upaya untuk menyelamatkan musim, tetapi belum memberikan rincian tentang perubahan pada proses kualifikasi Olimpiade Tokyo.

Celcom Axiata Malaysia Open dan India Open adalah di antara dua kualifikasi Olimpiade yang kembali lagi tahun ini setelah ditangguhkan pada bulan April. Namun, Peng Soon tidak berpikir salah satu dari 22 turnamen beruntun dalam lima bulan terakhir tahun ini akan menawarkan poin peringkat dalam Perlombaan ke Tokyo.

“Saya punya perasaan kuat bahwa mereka (kualifikasi) akan kembali tahun depan saja. Setidaknya, begitulah seharusnya,” kata Peng Soon.

“Jika kualifikasi akan dilanjutkan tahun ini, saya yakin semua orang akan berjuang keras untuk mendapatkan poin tetapi itu akan dibayar mahal karena bermain di terlalu banyak turnamen dapat menyebabkan cedera."

“Bagaimanapun, sudah lebih dari dua bulan sejak kebanyakan dari kami berkompetisi di All England pada pertengahan Maret. Pada saat World Tour dimulai kembali, itu akan menjadi enam bulan. Ini akan merugikan kami, bersaing minggu demi minggu, minggu lagi."

“Juga, perjalanan internasional akan menjadi perhatian utama. Bisakah kami benar-benar memasuki suatu negara tanpa harus menjalani karantina 14 hari? Ada terlalu banyak masalah untuk direnungkan, jadi saya tidak melihat perlunya untuk mempercepat balapan kualifikasi," Peng Soon menjelaskan.

Kualifikasi terkenal lainnya yang ditangguhkan antara Maret dan April termasuk German Open, Swiss Open, Singapore Open dan kejuaraan kontinental di Asia dan Eropa.

Singapore Open dan Kejuaraan Asia telah dibatalkan sementara tanggal penggantian yang sesuai masih diselesaikan untuk Jerman dan Swiss serta Kejuaraan Eropa.

"Akan sangat bagus untuk memulai dari tempat yang kami tinggalkan di bulan Maret, itu solusi paling adil dan paling ideal yang bisa saya pikirkan," kata Peng Soon.

Sebelum suspensi musim pada bulan Maret, Peng Soon dan rekannya Goh Liu Ying berada di jalur yang tepat untuk Olimpiade kedua mereka berturut-turut.

Peraih medali perak Olimpiade Rio itu saat ini berada di peringkat ketujuh dalam klasemen Race to Tokyo tetapi menghadapi pertempuran dari rekan senegaranya, Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai (ke-11) dan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (ke-13) untuk hak mewakili Malaysia.

Suatu negara hanya dapat mengirim maksimal dua pasangan jika keduanya berada di posisi delapan besar Race to Tokyo.

Artikel Tag: Chan Peng Soon, Goh Liu Ying, BWF, World Tour, olimpiade tokyo 2020

463  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini