Biaya Prosedur Covid-19 Mahal, Atlet Ini Mundur Dari Spanyol Masters

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 30 Apr 2021, 18:00 WIB
Biaya Prosedur Covid-19 Mahal, Soong Joo Ven Mundur Dari Spanyol Masters

Soong Joo Ven/[Foto:NST]

Berita Badminton : Pandemi Covid-19 berdampak buruk bagi karier pemain bulu tangkis profesional Malaysia, tidak seperti rekan BAM mereka yang tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Mereka merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sementara mereka yang berada di kandang BAM masih dapat mengandalkan dukungan finansial dari asosiasi nasional.

Hal ini memaksa mantan pemain nasional Soong Joo Ven mundur dari Spanyol Masters pada 18-23 Mei karena terlalu mahal baginya untuk bertanding akibat "biaya tambahan" yang timbul akibat Covid-19. Baginya, biaya yang jauh meningkat untuk bersaing di luar negeri tidak lagi sepadan.

Selain perjalanan, Soong Joo Ven mengharapkan untuk membayar karantina hotel selama 14 hari setelah kembali ke Malaysia.

Pemain tunggal putra berusia 26 tahun mengatakan kepada Timesport kemarin: "Ini benar-benar perjuangan bagi kami para pemain profesional. Kami tidak mampu bermain di turnamen sekarang."

"Baru bulan lalu saya menghabiskan RM20.000 (69 juta rupiah) untuk bermain di dua turnamen Eropa (Swiss Open dan Orleans Masters). Dan saya akan dikenakan biaya RM15.000 (51 juta rupiah) untuk berkompetisi di Spanyol saja bulan depan. Itu terlalu mahal," ungkapnya.

"Pemain seperti saya tidak menghasilkan banyak dan sponsor kami tidak menanggung biaya penuh. Namun, kami tidak punya pilihan karena kami masih perlu mempertahankan peringkat dunia kami. Saya tidak bisa bermain bulu tangkis selamanya, ini karir yang pendek, jadi saya benar-benar harus bekerja keras."

Soong Joo Ven bukan satu-satunya pemain profesional yang keluar dari Spanyol Masters. Diketahui, ganda putra Nur Azriyn Ayub-Wong Tien Ci juga mundur dari ajang Super 300.

Mantan peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia, Liew Daren menggemakan sentimen Joo Ven. Pemain berusia 34 tahun itu berpikir untuk melewatkan Singapore Open pada 1-6 Juni.

"Terlalu mahal. Bermain di Singapura seperti bermain di Eropa. Hotelnya saja US $ 250 (RM1.025) semalam. Ini belum termasuk karantina hotel selama 14 hari saat kita kembali ke Malaysia," keluhnya.

Sebelumnya, pelancong yang kembali ke Malaysia dari luar negeri hanya perlu melalui karantina wajib 10 hari, tetapi dengan munculnya varian baru Covid-19, pemerintah telah kembali ke periode 14 hari untuk pengungsi yang kembali dari daftar negara.

Pusat pelatihan nasional BAM baru-baru ini diguncang oleh serentetan kasus positif Covid. Namun, mereka akan mengirimkan pemain cadangan dan junior ke tiga turnamen Eropa bulan depan: Spanyol Masters, Slovenia Internasional (19-22 Mei) dan Austria Open (27-30 Mei).

Artikel Tag: Soong Joo Ven, Spanyol Masters 2021, Covid-19, Daren Liew

587  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini