Angus Ng Ka Long, Salah Satu Talenta Terbaik Asia Asal Hong Kong

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 02 Jun 2021, 01:00 WIB
Angus Ng Ka Long, Salah Satu Talenta Terbaik Asia Asal Hong Kong

Angus Ng Ka Long/[Foto:BadmintonAsia]

Berita Badminton : Angus Ng Ka Long adalah pemain bulu tangkis dari Hong Kong yang saat ini menduduki posisi 9 di peringkat dunia tunggal putra BWF. Usianya baru 26 tahun tetapi sudah lebih dari 291 kemenangan di kategori Tunggal Putra, Ganda Putra, dan Ganda Campuran, menjadikannya salah satu pemain terbaik Asia!

Perjalanan Angus Ng Ka Long menuju kesuksesan dimulai ketika dia masih muda, dia mulai bermain ketika dia berusia 7 tahun dan menyatakan dalam sebuah wawancara dengan BWF bahwa salah satu pengaruh terbesarnya untuk mulai bermain bulu tangkis adalah ayahnya.

Kecintaannya pada bulu tangkis membawanya untuk berpartisipasi dalam banyak kompetisi seperti Kejuaraan Dunia Junior BWF 2010 di mana ia memenangkan medali perunggu untuk kategori tunggal putra. Tidak sampai dua tahun kemudian (2012) di mana dia kembali lebih kuat dan memenangkan medali emas pertamanya di kategori Ganda Putra mengalahkan duo Jepang Takuto Inoue dan Yuki Kaneko.

Di Bitburger Open 2015, ia memenangkan gelar Grand Prix pertamanya. Salah satu momen terobosan adalah mengalahkan legenda bulu tangkis Lin Dan selama Seri Super Hong Kong 2015 dan berhasil mencapai semifinal sebelum menghadapi kekalahan melawan Lee Chong Wei.

Namun, tahun berikutnya Angus Ng Ka Long membuat sejarah dengan menjadi pemain tuan rumah pertama yang memenangkan gelar tunggal putra di Hong Kong Open 2016, mengalahkan pemain asal India, Sameer Verma di final.

Ia mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan BWF bahwa memenangkan Home Championship (Hong Kong Super Series) adalah mimpi yang menjadi kenyataan.

“Memenangkan kejuaraan kandang sangat penting bagi saya, sepanjang masa muda saya, saya menonton Hong Kong Open. Saat itu, saya sangat bersemangat menonton semua pemain kelas dunia yang berkumpul di Hong Kong. Saya berharap untuk bermain di kompetisi suatu hari atau bahkan memenangkan kejuaraan. Jadi, untuk benar-benar memenangkan kejuaraan seperti memenuhi impian masa kecil saya," katanya.

Selain memenuhi salah satu mimpinya, kemenangan itu juga membuat bangsanya bangga.

Pada tahun 2018 ia mencapai final di turnamen Germa Open di mana ia kalah melawan Chou Tien-Chen. Ia juga menjadi runner-up di turnamen Thailand Open dan turnamen New Zealand Open pada 2019. Salah satu kemenangannya baru-baru ini adalah di Thailand Masters 2020 di mana ia mengalahkan pemain asal Jepang, Kenta Nishimoto. Dan tahun berikutnya dia memenangkan Perak di Thailand Open 2021.

Kami sangat gembira atas pertumbuhan Angus Ng Ka Long yang luar biasa dan akan terus mendukung pencapaiannya!

Artikel Tag: Angus Ng Ka Long, Hong Kong, Asia, BWF

573  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini