Wilder Buka Wacana Turun ke Kelas Penjelajah

Penulis: Fafa Zahir
Jumat 01 Jun 2018, 23:59 WIB
Wilder Buka Wacana Turun ke Kelas Penjelajah

Deontay Wilder/Boxingscene

Ligaolahraga.com -

Berita Tinju: Juara kelas berat WBC, Deontay Wilder, berniat turun ke kelas penjelajah. Petinju asal Amerika Serikat itu terakhir kali bertarung dengan bobot 214, 75 pound (97,4 kg). Ini merupakan bobot terendahnya sejak dia masuk tinju profesional dengan berat 207, 5 (94,1 kg).

Alasan inilah yang membuat Wilder berpikir untuk turun di kelas penjelajah, satu tingkat di bawah kelas berat. Juara WBC yang belum terkalahkan itu secara mengejutkan mengungkapkan niatnya tersebut elalui akun Instagramnya, Rabu (30/5) malam waktu AS.

“Apa kabar dunia tinju?” kata Wilder. “Ada tahu, saya baru saja duduk di mobil saya dan berpikir. Saya berpikir untuk menjalani laga unifikasi kelas berat, lalu turun ke kelas penjelajah dan merebut gelar juara di divisi ini,” papar petinju berusia 32 tahun ini.

“Belum pernah ada juara kelas berat yang turun kelas. Saya akan melakukannya demi kesenangan. Merebut gelar juara kelas penjelajah sambil tetap menggenggam gelar juara kelas berat. Apa pendapat kalian?”

Petinju yang memiliki pukulan keras ini bertarung di kelas berat sepanjang karier profesional yang dimulainya sejak November 2008. Meski tergolong tinggi (201 cm), Wilder tak pernah turun bertanding dengan bobot lebih dari 229 pound (103 kg).

Dalam laga itu, Wilder menghentikan perlawanan petinju Kolombia, Luis Ortiz (28-1, 24 KO, 2 NC) pada 3 Maret lalu di Barclay Center, Brooklyn. Dalam pertarungan terakhirnya itu Wilder memiliki bobot tubuh enam pound lebih rendah dibanding laga sebelumnya.

Petinju asal Tuscaloosa, Alabama ini tercatat memiliki bobot 220¾ pound saat menjungkalkan Bermane Stiverne (25-3-1, 21 KO) di ronde pertama dalam partai ulang 1 November juga di Barclays Center.

Ortiz sendiri tampil dengan bobot 26,5 poun lebih berat dibanding Wilder. Sementara Stiverne lebih berat 34 pound lebih berat. Jika pertarungan yang paling diinginkan Wilder, yakni partai unifikasi melawan Anthony Joshua, bisa dilakukan beratnya kemungkinan lebih ringan 20 pound dibanding petinju Inggris itu.

Joshua yang memiliki tinggi 198 cm bertarung dengan bobot 242 pound saat melawan Joseph Parker dalam pertarungan 12 ronde 31 Maret lalu di Stadion Principality, Cardiff. Sementara dalam tiga pertarungan sebelumnya, Joshua setidaknya memiliki bobot 249 pound, termasuk ketika menumbangkan mantan raja kelas berat, Wladimir Klitschko.

 

Artikel Tag: Anthony Joshua, Deontay Wilder, Joseph Parker, tinju kelas berat, kelas penjelajah, WBA, IBF, IBO, berita tinju, Eddie Hearn, WBC, WBO

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/wilder-buka-wacana-turun-ke-kelas-penjelajah
5130  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini