WBO Desak Usyk untuk Adu Jotos dengan Petinju Inggris

Penulis: Senja Hanan
Selasa 23 Feb 2021, 20:14 WIB
WBO berikan lawan wajib untuk Oleksandr Usyk.

Petinju kelas berat, Oleksandr Usyk. (Images: Getty)

Berita Tinju: Sebelum menghadapi pemenang antara Anthony Joshua dan Tyson Fury, Oleksandr Usyk mendapatkan sebuah tugas dari WBO. Ya, juara multigelar kelas penjelajah yang naik level ke kelas berat tersebut mesti mengalahkan lawan yang lain dulu. Usyk diminta untuk menghadapi petinju asal Inggris, Joe Joyce.

Sebagaimana dikabarkan Boxing Scene, negosiasi antara kedua tim petinju sedang berlangsung. Laga ini diperkirakan bisa mendatangkan keuntungan besar mengingat Usyk adalah salah satu penantang yang cukup potensial untuk menghadapi seluruh petinju kelas berat papan atas yang tersedia saat ini.

“WBO telah mewajibkan (Usyk versus Joyce) untuk gelar interim dengan kemungkinan pemenang pertarungan akan menghadapi pemenang AJ (sapaan Joshua) dan Fury,” kata promotor Usyk, Eddie Hearn.

Jika laga Usyk-Joyce terlaksana, maka perhelatan tersebut bukanlah pertemuan pertama kedua petarung di atas ring. Jauh sebelum keduanya naik ke level pro, Usyk dan Joyce pernah berlaga di level amatir di mana wakil Ukraina merebut kemenangan angka.

“Saya yakin pertarungan ini akan memenuhi tas (uang kesepakatan) dalam beberapa pekan ini. Tentu saja kami akan mengajukan usulan untuk pertarungan itu. Itu adalah pertarungan yang bagus,” kata Hearn.

“Ada sejarah di antara mereka berdua dari pertandingan amatir. Ini adalah pertarungan yang kami bakal tertarik untuk menyelenggarakannya.”

Usyk, 34 tahun, sejauh ini sudah mencatatkan 18 laga tanpa kekalahan dengan 13 di antaranya menang KO. Setelah mempertahankan gelar juara dunia kelas penjelajah WBA, WBC, IBF, dan IBO melawan Tony Bellew pada 10 November 2018, Usyk naik ke kelas berat

. Sejak itu, Usyk telah melakoni dua laga kelas berat yang diselesaikan dengan kemenangan. Usyk menjatuhkan Chazz Whiterspoon di Chicago, AS, Oktober 2012, dan menang atas Derek Chisora di London, 31 Oktober 2020.

Adapun Joyce memulai laga profesional pertamanya melawan Ian Lewison pada 20 Oktober 2017. Setelah itu Joyce melakukan sebelas pertarungan tanpa terkalahkan dengan rekor 12 laga di mana sebelas di antaranya diselesaikan dengan KO.

Artikel Tag: oleksandr usyk, Tinju, Kelas Berat

422  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini