Tyson Fury Harus Berubah Jika Ingin Kalahkan Oleksandr Usyk Di Duel Ulang

Penulis: Hanif Rusli
Sabtu 01 Jun 2024, 07:42 WIB
Tyson Fury (kanan) harus mengakui keunggulan Oleksandr Usyk dalam pertarungan mereka awal bulan lalu. (Foto: Ring TV)

Tyson Fury (kanan) harus mengakui keunggulan Oleksandr Usyk dalam pertarungan mereka awal bulan lalu. (Foto: Ring TV)

Ligaolahraga.com -

Tyson Fury harus melakukan beberapa perubahan jika ia ingin mengalahkan juara WBC, WBA, WBO, IBF dan Majalah Ring, Oleksandr Usyk, dalam pertarungan ulang mereka di Arab Saudi, 21 Desember mendatang.

Tyson Fury bertinju dengan baik pada paruh pertama pertarungan melawan Oleksandr Usyk di Riyadh, Arab Saudi pada 18 Mei lalu.

Namun petinju kidal asal Ukraina berusia 37 tahun, Oleksandr Usyk membalikkan situasi pada ronde-ronde berikutnya, dengan mencetak knockdown pada ronde kesembilan dan menang “split decision” dengan skor 115-112, 114-113 dan 113-114.

Pakar Sky Sports, Johnny Nelson, percaya bahwa Tyson Fury harus melihat secara kritis penampilannya sendiri melawan Oleksandr Usyk, dan juga perilaku yang kacau dari para pendampingnya.

“Tyson Fury memilih taktik yang salah. Apakah dia akan belajar dari kesalahan tersebut? Jika iya, saya rasa hasilnya tidak akan sama. Kita melihat kesuksesan yang ia raih di pertengahan pertarungan,” ujar pensiunan mantan juara dunia kelas jelajah WBO ini kepada Sky Sports.

“Kekhawatiran utama saya antara sekarang dan nanti adalah mental Tyson untuk pertarungan ulang ini, mengetahui bahwa Usyk pernah mengalahkannya.

“Tyson adalah seorang sejarawan yang luar biasa dalam olahraga kita. Baginya untuk memahami hal itu, untuk mendapatkan kepercayaan dirinya, itu akan sangat sulit baginya.

“Jika Anda pernah berada di puncak dan Anda yakin bahwa Anda adalah yang terbaik di dunia, apa pun yang terjadi, lalu tiba-tiba ada orang yang mengalahkan Anda, sangat sulit untuk menerimanya.

“Sangat sulit untuk berpikir, ‘Saya melakukan segalanya dengan benar, saya mempersiapkan diri dengan baik, saya berada dalam kondisi yang luar biasa’ - kondisi terbaik yang pernah kami lihat selama bertahun-tahun. Jadi apa yang bisa Anda ubah?

“Banyak yang perlu diubah di ruang belakang. Kami mendengar tiga suara meneriakinya dari kiri, kanan dan tengah di sudut, karena putus asa, saya berasumsi dan salah membaca pertarungan, mengira dia unggul.

“Bagi Tyson, ia harus melakukan percakapan serius dengan timnya. Harus ada seseorang yang mendengarkan dan menghormatinya, untuk memberinya kepercayaan diri dengan mengatakan, 'kamu bisa melakukan ini dan kamu bisa membalikkan keadaan'.

“Tyson adalah salah satu petinju terbaik di dunia. Ia adalah petinju yang baik, ia adalah petarung yang baik. Namun sayangnya, Anda bisa menjadi terlalu pintar.

“Tyson mengakali dirinya sendiri sampai pada titik di mana ia harus mencoba untuk mengalahkan Usyk, yang merupakan petinju yang lebih baik. Bukan petinju yang lebih baik, melainkan petinju yang lebih bak.

“Mudah-mudahan, dia belajar dari pelajaran itu dan berpikir, ‘Saya tidak akan melakukan itu’, menggunakan fisik dan menggunakan apa pun yang membawanya ke titik ini sejak awal. Saya rasa gunung terbesar yang harus didaki adalah bekas luka mental yang tersisa pada dirinya untuk menghadapinya.”

Sementara itu, pelatih Deontay Wilder, Malik Scott, percaya bahwa Tyson Fury bukanlah petinju yang sama sejak pertarungan trilogi melawan petinju yang dimenangkan oleh petinju berusia 35 tahun tersebut dengan skor 2-0-1.

“Oleksandr Usyk menyelesaikannya dan dia menyelesaikannya di bawah tekanan, dia melewati masa-masa sulit dan menyelesaikannya dengan cara yang sangat, sangat baik,” kata Scott kepada Boxing Social. “Hormat untuknya, hormat untuk negaranya, itu adalah kemenangan yang luar biasa dan jika Anda mengenalnya, maka Anda harus ikut berbahagia.

“Saya pikir Fury sebenarnya telah mengatakannya sendiri [bahwa pertarungan melawan Wilder menguras banyak tenaga]. Satu-satunya orang yang keluar tanpa cedera saat melawan Deontay Wilder adalah Joseph Parker, yang lainnya keluar dengan luka, gegar otak, dan knockdown - hal-hal seperti itu.”

Artikel Tag: Tyson Fury, oleksandr usyk

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/tyson-fury-harus-berubah-jika-ingin-kalahkan-oleksandr-usyk-di-duel-ulang
336  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini