Katie Taylor Diberi Waktu 10 Hari Oleh WBO, Pilih Gelar 135 Atau 140 Pound

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 28 Nov 2023, 11:25 WIB
Katie Taylor saat ini merupakan satu-satunya juara sejati dalam dua kelas berbeda, yakni kelas ringan (135 pound) dan welter junior (140 pound). (Foto: BoxingNews24)

Katie Taylor saat ini merupakan satu-satunya juara sejati dalam dua kelas berbeda, yakni kelas ringan (135 pound) dan welter junior (140 pound). (Foto: BoxingNews24)

Ligaolahraga.com -

Katie Taylor merupakan satu-satunya petinju saat ini yang masih memegang gelar juara sejati dalam dua kelas berbeda, yakni kelas ringan (135 pound) dam kelas welter junior (140 pound). Namun, status itu akan segera berubah.

Petinju wanita legendaris asal Irlandia ini diinstruksikan oleh WBO untuk menentukan pada kelas mana ia akan mempertahankan gelarnya untuk pertarungan berikutnya dan melangkah maju.

Perintah tersebut dipicu oleh penempatan Katie Taylor sebagai juara unifieddi kelas ringan dan welter junior, yang terakhir diraihnya melalui kemenangan angka mutlak selama sepuluh ronde atas petinju Inggris, Chantelle Cameron, pada Sabtu (26/11) lalu di 3Arena, Dublin, Irlandia.

Taylor kini dipanggil untuk menghormati ketentuan sebelum pertarungan yang mengizinkan dirinya keluar dari ring dengan membawa gelar juara di dua kelas.

"Pertarungan sebelumnya telah disetujui sesuai dengan ketentuan tertentu," kata ketua Komite Kejuaraan WBO Luis Batista-Salas kepada promotor Eddie Hearn, promotor Taylor, pada hari Senin (27/11) dalam sebuah surat yang diperoleh BoxingScene.com.

"Jika Katie Taylor memenangkan pertarungan melawan Cameron, ia memiliki waktu hingga 10 hari setelahnya untuk menentukan kelas mana yang akan ia pertahankan. Kegagalan untuk mematuhi ketentuan tersebut akan mengakibatkan Komite melanjutkan sesuai dengan Peraturan WBO tentang Kontes Kejuaraan Dunia.

"Oleh karena itu, berdasarkan hal tersebut di atas, Katie Taylor harus memutuskan dalam jangka waktu yang ditentukan dalam ketentuan yang dirujuk, kelas berat badan mana yang akan dipertahankannya, apakah divisi Kelas Ringan atau Kelas Welter Junior."

Keputusan ini sesuai dengan Bagian 5 dari Peraturan WBO tentang Kontes Kejuaraan Dunia. Peraturan tersebut menyatakan bahwa tidak ada juara WBO yang dapat mempertahankan gelarnya di lebih dari satu kelas dalam satu waktu.

Taylor kini memiliki waktu hingga 5 Desember - sepuluh hari setelah kemenangannya atas Cameron - untuk memutuskan apakah ia akan tetap berada di kelas welter junior atau kembali ke kelas ringan, karena hal ini berkaitan dengan status gelar WBO-nya.

Belum ada instruksi dari IBF maupun WBA pada hari Senin kemarin.

Presiden WBC, Mauricio Sulaiman, tidak hanya akan menahan diri untuk tidak mengambil keputusan seperti itu dalam beberapa hari kedepan, namun juga sudah menyatakan bahwa ia akan memberikan waktu yang cukup bagi ikon berusia 37 tahun ini untuk menikmati masa-masa kejayaannya.

Taylor (23-1, 6KO) dihadapkan pada keputusan yang sama setelah kemenangannya atas Christina Linardatou dalam perebutan gelar juara kelas welter junior WBO. Ia memasuki pertemuan mereka pada November 2019 sebagai juara kelas ringan sejati dengan tujuan untuk sekali naik kelas.

Ia mengungguli Linardatou dalam sepuluh ronde untuk menjadi pemegang gelar dua kelas, namun segera melepas sabuk emas seberat 140 pound untuk kembali mempertahankan gelar juara dunia kelas ringan.

Kemenangan pada hari Sabtu itu membuat Katie Taylor membalas satu-satunya kekalahan dalam kariernya. Cameron (18-1, 8KO) meraih kemenangan angka mutlak pada 20 Mei - juga di 3Arena saat Taylor kembali ke Irlandia - untuk mempertahankan gelar juara dunia welter junior sejati.

Terdapat diskusi tentang kemungkinan pertarungan ketiga sebagai laga berikutnya bagi Taylor dan Cameron. Pertarungan seperti itu tidak harus melibatkan semua sabuk yang dipertaruhkan, walau akan sangat ideal jika laga mereka sekali lagi membawa status juara sejati.

Hal ini akan menjadi tanggung jawab Taylor dan Matchroom Boxing untuk memikirkannya sendiri atau bekerja sama dengan WBO sebelum tenggat waktu awal Desember.

Artikel Tag: Katie Taylor

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/katie-taylor-diberi-waktu-10-hari-oleh-wbo-pilih-gelar-135-atau-140-pound
172  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini