Ini Alasan Amir Khan Pilih Lawan Crawford Alih-Alih Brook

Penulis: Fafa Zahir
Kamis 06 Des 2018, 22:34 WIB
Ini Alasan Amir Khan Pilih Lawan Crawford Alih-Alih Brook

Amir Khan/BoxingScene

Berita Tinju: Mantan juara dunia tinju Amir Khan (33-4, 20 KO), 31 tahun, yakin dirinya cuma memiliki kesempatan melakukan dua atau tiga pertarungan dalam kariernya.

Khan, peraih perak Olimpiade, memulai karier tinju profesionalnya pada 2005. Pada awalnya dia berada di bawah naungan Frank Warren, namun dia kemudian ditangani Premier Boxing Champions, Golden Boy Promotions, dan saat ini bekerja dengan Eddie Hearn.

Dalam beberapa waktu belakangan ini, ramai dikabarkan dia akan naik ring melawan rival senegaranya Kell Brook pada kuartal pertama tahun 2019.

Namun beberapa hari lalu, Khan mengonfirmasi bahwa dirinya tengah mempertimbangkan laga dengan bayaran 5 juta dolas AS untuk menghadapi juara WBO kelas welter WBO, Terence Crawford, pada 23 Maret 2019 di Madison Square Garden, New York City.

Khan menyatakan memasuki masa-masa terakhirnya sebagai petinju membuatnya termotivasi untuk melawan petinju sekelas Crawford.

“Saya ingin memastikan bahwa saya tak lama lagi berada di olahraga yang pernah membuat saya meninggalkannya karena cedera,” ujar Khan kepada Boxing News.

“Saya merasa luar biasa saat ini namun saya tak ingin memaksakan diri. Saya telah menjalani beberapa pertarungan besar dalam karier saya dan juga pernah terluka beberapa kali. Namun untungnya saya masih oke secara mental dan fisik. Saya ingin memastikan bahwa saya tak akan terus dibayangi risiko ini,” paparnya.

“Saya tinggal memiliki dua atau tiga pertarungan. Waktu yang tersisa dalam karier saya sangat pendek. Saya ingin memaksimalkan waktu yang tersisa bagi saya. Saya mengambil pertarungan itu (lawan Crawford) dengan sepenuh hati karena saya yakin pertarungan melawan Kell Brook selalu bisa terlaksana. Kecuali jika saya mendapat kesepakatan bagus yang tak bisa saya tolak,” katanya lagi.

“Saat ini saya mendapat kesepakatan yang bagus dari petinju seperti Crawford yang sulit saya tolak. Pasalnya, saya mendapat kesempatan untuk melawan petinju pound-for-pound terbaik, yang mungkin tak akan saya dapatkan lagi,” imbuhnya.

“Ada beberapa tawaran untuk saya jadi kita lihat saja. Melawan Kell Brook tentunya sebuah laga besar, namun bukan saya mengecilkan tapi seberapa besar dibanding melawan petinju pound per pound? Tak banyak orang yang dalam kariernya mendapat peluang ini. Kini saya mendapat kesempatan itu,” imbuhnya.

Artikel Tag: Amir Khan, Kell Brook, Terence Crawford

1047