Devin Haney Tetap Pegang Gelar WBC Meski Kalah, Bakal Tarung Wajib?

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 24 Apr 2024, 11:36 WIB
Devin Haney kemungkinan harus mempertahankan gelar melawan penantang wajib Sandor Martin dari Spanyol. (Foto: Ring TV)

Devin Haney kemungkinan harus mempertahankan gelar melawan penantang wajib Sandor Martin dari Spanyol. (Foto: Ring TV)

Ligaolahraga.com -

Hasil dari penimbangan badan pada Jumat lalu membuat gelar Devin Haney terlindungi saat menghadapi Ryan Garcia, yang kelebihan 3,2 pound di atas batas 140 pound.

Kesepakatan dicapai untuk memungkinkan pertarungan berlanjut, meskipun tanpa mempertaruhkan gelar WBC.

Garcia mencetak tiga knockdown dalam perjalanan menuju kemenangan dengan keputusan mayoritas Sabtu malam di Barclays Center di Brooklyn, New York. Haney, yang berada di peringkat satu kelas 140 pound, terjatuh di ronde tujuh, 10, dan 11 dalam perjalanan menuju kekalahan pertamanya.

Penyelamat untuk Haney (31-1, 15 KO)—sehubungan dengan masa pemerintah gelarnya—adalah keputusan untuk tetap membuat bobot. Melakukan hal tersebut mempertahankan statusnya sebagai pemegang gelar WBC saat ini.

“Selamat kepada Ryan Garcia yang menantang semua rintangan dan memenangkan pertarungan besar,” tulis presiden WBC Mauricio Sulaiman setelah pertarungan. “Selamat kepada Devin Haney yang menunjukkan hati besar dan gaya yang berkelas.

Sama seperti dalam pertarungan [Diego] Corrales vs [Jose Luis] Castillo 2, dengan penantang tidak memenuhi berat badan, Haney tetap menjadi juara WBC.”

Secara khusus, deklarasi ini sesuai dengan Aturan Terpadu WBC untuk Pertarungan Kejuaraan. Berdasarkan WC-3 (b) yang membahas timbangan: “Jika penantang melebihi batas berat resmi dalam timbangan terakhir, juara akan tetap mempertahankan gelar mereka dan petinju memiliki opsi untuk melakukan pertarungan sebagai pertarungan non-gelar.”

Keputusan ini berbeda dengan badan pengakuan lain seperti WBO, yang memiliki ketentuan yang lebih ketat untuk pertarungan non-gelar.

Devin Haney menurunkan berat badan hingga tepat pada batas 140 pound, diawasi oleh Komisi Atletik Negara Bagian New York.

Garcia tidak pernah peduli untuk memenuhi berat badan yang telah disepakati, setidaknya dalam arti pengurangan berat badan di pekan terakhir pertarungan. Dia terlalu jauh di atas batas berat badan untuk NYSAC untuk mempertimbangkan periode penyesuaian untuk melepaskan berat badan tambahan.

Selama konferensi pers setelah pertarungan, Garcia mengungkapkan dia akan bertarung di kelas welter ke depannya. Dia menimbang 143 pound sebelum kemenangan KO pada 2 Desember atas Oscar Duarte di Houston, Texas. Pertarungan mereka dipasarkan sebagai pertarungan gelar kelas 140 pound WBA Gold; berat badan yang disepakati diubah sebelum timbangan.

Meskipun Garcia mendapatkan kemenangan terbesar dalam kariernya—dan dalam kejutan besar—dia tetap tidak menggenggam gelar besar.

Devin Haney masih memegang gelar WBC yang dia menangkan saat dia mengalahkan Regis Prograis pada 9 Desember lalu di San Francisco, California. Dia diperkirakan akan berikutnya mempertahankan gelar melawan penantang wajib Sandor Martin (42-3, 15 KO), petinju kidal berusia 30 tahun dari Spanyol.

Artikel Tag: Devin Haney

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/devin-haney-tetap-pegang-gelar-wbc-meski-kalah-bakal-tarung-wajib
411  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini