Berita Tinju: Sergey Kovalev vs Andre Ward, Perebutan Titel Raja 'Pound-For-Pound'

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 20 Nov 2016, 08:24 WIB
Berita Tinju: Sergey Kovalev vs Andre Ward, Perebutan Titel Raja 'Pound-For-Pound'

Sergey Kovalev (kiri) dan Andre Ward

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga – Berita Tinju: Juara kelas berat ringan WBA, WBO dan IBF Sergey Kovalev (30-0-1, 26 KO) akan mempertahankan seluruh gelarnya menghadapi bekas juara menengah super Andre Ward (30-0, 15 KO) di T-Mobile Arena, Las Vegas, Sabtu (19/11) malam atau Minggu (20/11) pagi WIB.

Dalam duel yang disebut-sebut bakal jadi kandidat “Pertarungan Terbaik Tahun Ini’, Kovalev dan Ward bukan hanya akan memperebutkan gelar, melainkan juga predikat raja ‘Pound for Pound’. Titel itu kini disandang oleh Roman ‘Chocolatito’ Gonzalez, jawara bantam yunior dan empat divisi yang belum terkalahkan.

 

Berikut data dan fakta jelang pertarungan Kovalev kontra Ward:

 

  • Kovalev, 33 tahun, akan mempertahankankan gelar kelas berat ringan WBO untuk kesembilan kalinya (yang dia menangkan pada Agustus 2013), dan mempertahankan titel WBA dan IBF untuk kelima kalinya (yang dia rebut dari Bernard Hopkins pada November 2014).

 

  • Upaya Kovalev pertahankan gelar sebanyak 8 kali menjadi yang terbanyak ketiga di antara juara-juara lainnya.

 

  • Ini pertarungan ketujuh dalam sejarah tinju yang mempertemukan dua petinju tidak terkalahkan dengan 30 kemenangan atau lebih untuk memperebutkan gelar juara dunia.

 

  • Pertemuan sesama petinju tidak terkalahkan ini menjadi yang ketiga digelar pada tahun 2016 ini, setelah kemenangan Gennady Golovkin atas Kell Brook dan kemenangan Roman Gonzalez atas Carlos Cuadras pada September lalu.

 

Dua juara tak terkalahkan perebutkan gelar juara dunia – 30+ kemenangan:

    • 2016: Gennady Golovkin (35-0) kalahkan Kell Brook (36-0)
    • 2016: Roman Gonzalez (45-0) kalahkan Carlos Cuadras (35-0-1)
    • 2013: Floyd Mayweather Jr. (44-0) kalahkan Canelo Alvarez (42-0-1)
    • 2007: Joe Calzaghe (43-0) kalahkan Mikkel Kessler (39-0)
    • 1999: Felix Trinidad (35-0) kalahkan Oscar de la Hoya (31-0)
    • 1987: Mike Tyson (30-0) kalahkan Tony Tucker (34-0)

 

http://thesportsfanjournal.com/wp-content/uploads/2014/11/sergey-kovalev-vs-bernard-hopkins-01-photo-by-naoki-fukuda.jpg

Sergey Kovalev (kanan) versus Bernard Hopkins

 

  • Kovalev, lahir di Rusia dan kini menetap di Florida (AS), menduduki peringkat ketiga dalam hal pukulan tersedikit yang didaratkan lawan (7,3 per ronde), menurut Compubox. Ward menempati posisi ketujuh (8,6 per ronde). Rata-rata di kelas berat ringan adalah 16,1 pukulan per ronde.

 

  • Dalam sembilan pertarungan yang mempertaruhkan gelar juara dunia, Kovalev mencatat rekor sempurna 9-0, dengan tujuh knockout. Dia meng-KO 12 dari 14 lawan terakhirnya dan 26 dari 31 lawan sepanjang kariernya.

 

  • Meski dikenal karena kemampuannya meng-KO lawan, Kovalev sebenarnya juga dikenal sebagai pemukul jab yang cukup baik. Dia menduduki urutan kesembilan dalam hal mendaratkan pukulan jab setiap rondenya menurut Compubox.

 

  • Dalam pertarungan 12 ronde, hanya dua dari 11 lawan Kovalev yang bertahan sampai akhir pertarungan: Hopkins dan Isaac Chilemba. Kovalev memenangi kedua duel itu dengan kemenangan angka mutlak. Sementara 31 pertarungan Kovalev berjalan rata-rata 3,7 ronde.

 

http://www.africametro.com/wp-content/uploads/2015/09/Andre-Ward1.jpg

Andre Ward (kiri) versus Chad Dawson

 

  • Ward, 32 tahun, merupakan petinju putra AS kesekin yang memenangi medali emas Olimpiade dan menjadi kampiun menengah super WBA antara 2009 dan 2013, sebelum dia menanggalkannya untuk naik ke kelas berat ringan.

 

  • Ini akan menjadi pertarungan ketiga Ward di kelas berat ringan dan berupaya menjadi petinju ketujuh yang memenangi gelar di kelas menengah super dan berat ringan. Beberapa dari enam petinju tersebut adalah Sugar Ray Leonard, Thomas Hearns dan Roy Jones Jr.

 

  • Setelah mengalahkan Carl Froch untuk menyatukan dua gelar menengah super pada 2011, aktivitas Ward terbatas dalam kurun waktu hampir lima tahun akibat cedera dan sengketa kontrak. Dia bertarung tiga kali dari 2012 samai 2015, sebelum naik ke berat ringan. Ini akan jadi pertarungan ketiga Ward pada tahun 2016 (semua di kelas berat ringan).

 

  • Total 15 dari 30 kemenangan Ward dihasilkan dengan cara meng-KO lawan. Dia mencatat rekor 7-0 (satu KO) dalam duel yang mempertaruhkan gelar juara dunia. Ke-30 pertarungan pronya berjalan dengan rata-rata 7,3 ronde, meski kedua pertarungannya di kelas berat ringan berjalan penuh sampai 12 ronde.

 

  • Ward menggondol medali emas kelas berat ringan di Olimpiade 2004. Terpilih sebagai petinju terbaik 2011 oleh ESPN, Boxing Writers Association of America dan Majalah The Ring. Dia menempati peringkat pertama dalam plus-minus CompuBox, yakni plus-15,9. (Plus-minus adalah persentase koneksi pukulan si petinju dikurangi persentase koneksi pukulan lawan).

 

Artikel Tag: Sergey Kovalev, Andre Ward, pound for pound, Tinju

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/berita-tinju-sergey-kovalev-vs-andre-ward-perebutan-titel-raja-pound-for-pound
8797  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini