Hebat! 5 Petinju Indonesia ini Pernah Memenangi Sabuk Juara Dunia

Penulis: Senandung Mega
Jumat 21 Des 2018, 17:00 WIB
Hebat! 5 Petinju Indonesia ini Pernah Memenangi Sabuk Juara Dunia

Chris John

Di dunia olahraga, Indonesia telah menunjukkan berbagai prestasi seperti di dunia badminton. Namun ternyata tinju nasional juga telah melahirkan petinju-petinju hebat yang pernah menjadi juara dunia.

Nama-nama seperti Ellyas Pical dan Chris John contohnya, sudah tidak asing lagi dengan pertarungan tingkat internasional hingga sempat menjadi juara dunia. Akan tetapi masih banyak nama petinju Indonesia lainnya yang juga pernah mengicipi juara dunia dalam karir mereka. Berikut ini 5 nama petinju hebat yang pernah mengharumkan nama Indonesia.

1. Ellyas Pical

Petinju legendaris Indonesia yang satu ini adalah petinju nasional pertama yang berhasil menjadi juara dunia tinju. Petinju yang berasal dari Saparua, Maluku, tersebut adalah pemegang gelar juara dunia bantam junior IBF tahun 1985 hingga 1987. Gelar tersebut ia raih usai menang angka dari petinju asal Korea Selatan, Ju Do-chun pada tanggal 3 Mei 1985. Ia kehilangan sabut juara dunianya untuk selamanya pada tahun 1989 hingga akhirnya ia memutuskan untuk pensiun tahun 1993.

2. Nico Thomas

Nico pernah meraih gelar juara dunia untuk kelas terbang mini IBF pada tahun 1989, usai menang angka atas petinju Amuth Sithnaruepol, asal Thailand, pada tanggal 17 Juni 1989. Sayangnya ia tidak bisa mempertahankan sabuk juara dunia untuk waktu yang lama. Ia kalah KO dari petinju asal Filipina, Eric Chaves, pada tanggal 21 September tahun 1989.

3. Suwito Lagola

Petinju yang berasal dari Sumatera Utara ini berhasil meraih gelar juara dunia di kelas welter WBF untuk periode tahun 1995 hingga 1997. Sabuk kemenangan tersebut direbutnya setelah mengalahkan William Magahin dengan menang TKO pada tahun 1995. Pertarungan terakhir yang dimainkannya adalah ketika melawan Danny Pierce pada tahun 1997 dengan hasil imbang. Suwito akhirnya mengundurkan diri pada tahun 2000 karena kecewa dengan janji pemerintah.

4. M. Rahman

Rahman adalah petinju yang berkarir di kelas paling ringan yang pernah dimiliki Indonesia. Ia menjadi juara dunia pada tahun 2004 setelah sukses menang KO atas petinju asal Kolombia, Daniel Reyes. Ia kehilangan gelarnya pada tahun 2011, di tangan petinju asal Thailand, Pornsawan Porpramook.

5. Chris John

Nama petinju yang dijuluki The Dragon ini tentunya sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat Indonesia. Chris berhasil meraih prestasi yang sangat membanggakan di dunia tinju, dimana ia mempertahankan gelar juara dunia terlama di kelas bulu WBF yaitu selama 10 tahun dalam kurun waktu tahun 2003 hingga 2013. Ia tercatat telah mempertahankan gelarnya tersebut selama 18 kali, akan tetapi ia harus merelakan sabuk gelar juara dunianya saat berhadapan dengan petinju Simpiwe Vetyeka, asal Afrika Selatan. Chris kalah TKO di ronde ke-6 di pertarungan yang bertajuk unifikasi gelar WBA IBO. Tidak lama setelah itu, Chris John memutuskan untuk gantung sarung tinju.

Artikel Tag: Tinju, petinju indonesia, Tinju Nasional

9371  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini