5 Duel Tinju Legendaris Sepanjang Masa

Penulis: Senandung Mega
Selasa 11 Des 2018, 18:00 WIB
5 Duel Tinju Legendaris Sepanjang Masa

Muhammad Ali vs George Foreman

Ligaolahraga.com -

Ada banyak sekali duel tinju yang menjadi legenda di sepanjang masa, tidak hanya karena rekor yang dipecahkan namun juga beberapa kejadian yang tidak terlupakan. Berikut ini 5 duel legenda yang pernah terjadi di dunia tinju.

1. Max Schmeling vs Joe Louis - New York City, 1936

Laga ini menjadi salah satu laga tinju yang legendaris karena pada saat itu terjadi dinamika politik. Selain itu Schmeling berhasil merobohkan lawannya hanya dalam empat ronde. Akan tetapi Louis tidak mudah menyerah, ia baru benar-benar tumbang pada ronde ke-12. Kekalahan Louis tersebut juga mengakhiri rekor tanpa terkalahkannya dalam lima tahun terakhir.

2. Joe Frazier vs Muhammad Ali – New York City, 1971

Duel ini adalah duel yang memunculkan istilah “Fight of the Century”, dengan kebrutalan yang berlangsung hingga ronde ke-15. Hingga akhirnya Joe Frazier berhasil menumbangkan Ali di ronde terakhir dan menjadikan kekalahan tersebut sebagai kekalahan pertama Ali di sepanjang karirnya sebagai petinju. Walaupun begitu Ali tidak kalah K.O, dan tiga tahun kemudian Ali berhasil memenangkan duel ulang tersebut dalam pertarungan non-gelar.

3. Muhammad Ali vs George Foreman – Kinshasa, Zaire, 1974

Ali lagi-lagi memainkan duel tinju paling legendaris sepanjang masa ketika bentrok dengan petinju yang tak terkalahkan, George Foreman pada tahun 1974. Foreman yang berusia 8 tahun lebih muda dari Ali pada saat itu, membuat Ali dilihat sebagai underdog. Pada ronde ke-8 Ali sudah menerima banyak pukulan dan sudah kalah dari sisi poin, akan tetapi ia kemudian berhasil mencuri kesempatan dan merobohkan Foreman dengan satu pukulan saja.

4. Sugar Ray Leonard vs Thomas Hearns – Las Vegas 1981

Laga ini disebut-sebut sebagai laga paling menarik pada masa itu, dimana Hearns sudah unggul dari sisi perolehan poin menjelang pertandingan berakhir. Namun pada ronde ke-14 Leonard mengambil langkah untuk melepaskan pukulan bertubi-tubi dengan agresif hingga memaksa wasit menghentikan pertandingan. Akan tetapi Hearns sudah roboh sebelum pertandingan dihentikan.

5. Marvin Hagler vs Thomas Hearns – Las Vegas, 1985

Di duel kali ini lagi-lagi Hearns mencoba untuk membuktikan kemampuannya, sayangnya usahanya tersebut tidak berbuah manis. Laga ini menjadi laga yang paling diingat karena durasi pertarungan yang sangat singkat. Hagler hanya perlu tiga ronde saja atau sekitar 8 menit untuk merobihkan Hearns.

Artikel Tag: Legenda tinju, atlet tinju, Tinju Dunia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/5-duel-tinju-legendaris-sepanjang-masa
11426  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini