Roger Federer Percaya Hal Ini Bisa Jadi Kunci Kesuksesan Ashleigh Barty Di Australian Open

Penulis: Dian Megane
Selasa 14 Jan 2020, 05:31 WIB
Roger Federer Percaya Hal Ini Bisa Jadi Kunci Kesuksesan Ashleigh Barty Di Australian Open

Ashleigh Barty ketika beraksi di Brisbane awal musim 2020

Berita Tenis: Petenis yang telah mengoleksi 20 gelar Grand Slam, Roger Federer menyatakan bahwa suatu kesenangan baginya untuk menyaksikan Ashleigh Barty berkompetisi di turnamen dan ia mengungkapkan sarannya sendiri kepada Barty jelang Australian Open.

Petenis berusia 38 tahun, Federer percaya Barty akan merasa lebih baik setelah memenangkan gelar Grand Slam pertama dalam kariernya di French Open musim lalu. Meski ia gagal melenggang ke perempatfinal dari dua Grand Slam terakhir yang dilakoninya, setelah kalah di babak keempat Wimbledon dan US Open musim 2019.

Pada musim 2019, Barty menikmati salah satu musim terbaik dalam kariernya setelah memenangkan empat gelar dari total tujuh gelar yang telah dimenangkan dalam kariernya. Ia juga mengakhiri musim 2019 dengan berada di peringkat 1 dunia untuk kali pertama dalam kariernya.

“Sungguh musim menakjubkan yang ia lalui, suatu kesenangan bagi saya menyaksikannya bertanding,” ungkap Federer.

“Saya senang melihatnya mengkombinasikan beberapa hal, menggunakan slicenya dengan efek yang luar biasa, lalu ia masih memperlihatkan variasi dari permainannya. Ia tidak memerlukan gebrakan lainnya, baginya saat ini adalah bagaimana ia bisa mempertahankan hal itu.”

Sudah 42 tahun sejak petenis Australia bisa memenangkan gelar nomor tunggal di Melbourne, yakni Chris O’Neil pada tahun 1978 yang memenangkan nomor tunggal putri sebagai petenis non unggulan.

Harapan bahwa Barty bisa mengakhiri penantian panjang tersebut cukup tinggi, tetapi ia tidak mengawali musim 2020 dengan awal yang sempurna setelah kalah di laga pembuka Brisbane International pekan lalu dari Jennifer Brady.

“Ia mungkin memerlukan pola pikir yang berbeda,” lanjut Federer. “Tetapi anda bisa benar-benar mengeksplorasi semua potensi yang anda miliki. Itu yang terjadi ketika saya memenangkan gelar Grand Slam pertama saya dan saya menghuni peringkat 1 dunia. Setelah itu saya berpikir, ‘Saya petenis yang ingin dikalahkan petenis lain’. Saya memilih untuk berada di posisi itu daripada menjadi pesaing. Saya harap Ash akan melihatnya seperti itu.”

Tes selanjutnya yang akan dilalui Barty adalah turnamen di Adelaide pekan ini dan ia menjadi petenis unggulan pertama di turnamen tersebut.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Roger Federer, Ashleigh barty

514  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini